Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Pembongkaran Pasar Ngabul Lama Jepara Tak Jelas



Reporter:    /  @ 14:45:41  /  22 Februari 2016

    Print       Email
Bangunan pasar Ngabul lama diberi garis polisi saat penutupan di awal tahun 2015 lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Bangunan pasar Ngabul lama diberi garis polisi saat penutupan di awal tahun 2015 lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Setelah proses penutupan pasar Ngabul lama usai di awal tahun 2015 lalu, sampai saat ini kondisinya mangkrak. Kondisi ini tak ingin dibiarkan berlama-lama oleh Pemkab Jepara. Rencananya, bangunan pasar yang merupakan aset pemkab tersebut bakal dibongkar.

“Mengenai waktunya, masih dalam proses perencanaan, yang jelas tahun ini siap diupayakan dibongkar,” kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Pengelolaan Pasar Dwi Riyanto kepada MuriaNewsCom, Senin (22/2/2016).

Menurutnya, Pemkab Jepara hanya memiliki wewenang pada bangunan pasar lama . Sedangkan untuk lahannya, merupakan aset Pemerintah Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan. Sehingga, selepas bangunan itu dirobohkan, Pemkab Jepara tidak memiliki wewenang lagi untuk cawe-cawe di pasar Ngabul karena menjadi urusan pemdes setempat.

“Kami sudah membuat surat ke bupati mengenai penanganan bangunan pasar Ngabul lama itu, terutama mengenai pembongkaran. Sebab, pemdes setempat juga telah meminta besi dan baja sisa bangunan lama itu untuk dibuat bahan pembuatan jembatan desa,” terang Dwi.

Langkah pembongkaran itu diambil setelah melalui beberapa proses, termasuk sidang di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang dimenangkan Pemkab Jepara, terkait konflik relokasi pasar lama ke pasar baru milik pemerintah Desa Ngabul, itu. Terkait kapan waktu pelaksanaan pembongkaran Dwi belum bisa menunjukkan detail waktunya. Namun ia berharap, rencana tersebut dilakukan secepatnya.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga :
Pedagang Pasar Ngabul Lama Gandeng LSM Gempar Hadapi Pemkab Jepara

Pejabat Pemkab Beda Pendapat soal Pasar Ngabul Lama

Pemkab Kembali Tunda Relokasi Pedagang Pasar Ngabul Lama

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →