Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Senin Kok jadi Hari yang Malas ya?Sst..Ini Lho Cara Mengatasinya



Reporter:    /  @ 09:07:11  /  22 Februari 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Kudus – Senin kerap menjadi hari yang paling menyebalkan sepanjang pekan. Rasa malas dan enggan berangkat ke kantor memang lebih kuat menyerang Anda di awal pekan tersebut. Diolah dari berbagai sumber, ada alasan kenapa Senin jadi hari yang malas, serta cara mengatasinya.

1. Yang jelas, penyebab utama rasa malas di awal pekan adalah perubahan gaya hidup dari super sibuk selama seminggu menjadi super malas di akhir pekan.

Di hari normal, kita biasanya akan bangun pukul 6 pagi, kemudian melakukan serangkaian kegiatan sepanjang hari, lalu tidur pukul 10 malam. Sementara di akhir pekan, kita akan bangun tidur jam 10 pagi dan tidur malam pada pukul 12.

2. Dengan adanya perubahan inilah yang membuat jam tubuh Anda terganggu. Tubuh Anda memang sudah dirancang untuk mematuhi jam biologis yang berguna untuk memberikan alarm mengenai kegiatan apa yang harus Anda lakukan.

Jadi jika Anda mengabaikan jam tubuh Anda selama 2 hari di akhir pekan, jam tubuh Anda akan sedikit mengalami ‘korsleting’ di hari Senin sehingga Anda pun mengalami perasaan letih dan malas bangun dari tempat tidur.

Pernahkah Anda merasa sakit kepala ketika bangun pagi di hari Senin? Hal ini terjadi karena Anda terlalu banyak tidur. Ketika akhir pekan tiba, Anda biasanya akan menghabiskan banyak waktu untuk bersantai dan tidur. Inilah yang menjadi penyebab mengapa Anda merasa malas di awal pekan.

4. Oleh karena itu, Anda harus membuat perubahan gaya hidup dan berusaha untuk tetap aktif selama akhir pekan. Bangun pagi dan lakukan aktivitas fisik seperti jogging atau pergi ke gym agar tubuh Anda bugar kembali.

Tentu saja Anda boleh mengisi akhir pekan Anda dengan bersantai atau berlibur ke suatu tempat. Namun, pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup dan tidur malam selama 8 jam. Simak juga: 7 Manfaat Olahraga Pagi bagi Kesehatan
5. Seringkali kita menghabiskan akhir pekan dengan bepergian sehingga membuat tubuh kita mengalami kelelahan.

elakukan perjalanan akhir pekan dari hari Jumat malam dan kembali pada Minggu malam benar-benar akan menguras cadangan energi Anda.

Oleh karena itu, jangan terlalu sering melakukan aktivitas tersebut. Pasalnya, Anda perlu istirahat yang cukup di akhir pekan untuk mengisi cadangan energi yang akan Anda gunakan selama satu minggu ke depan.

6. Tekanan psikologis terkait dengan deadline atau meeting terkadang juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa malas di hari Senin pagi. Penyebab kelelahan sini dikarenakan oleh kejenuhan mental.

7. Cara lainnya untuk mengatasi kemalasan di awal pekan adalah dengan tidak terlalu memaksakan diri bekerja di hari Jumat. Jika pekerjaan tersebut memang harus segera diselesaikan, kerjakan pada hari Sabtu atau Minggu sore.

Jadi, tetaplah bersemangat. Dan jangan malas untuk bekerja. Karena kerja adalah ibadah. Jangan sia-siakan amal ibadah itu. Sebab itu untuk kebaikan kita sendiri.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →