Loading...
You are here:  Home  >  Kesehatan  >  Artikel ini

Takut Donor Darah? Ini Solusinya



Reporter:    /  @ 14:25:56  /  21 Februari 2016

    Print       Email
Donor Darah (e)

Aktivitas donor darah beberapa waktu lalu yang diadakan PMI Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Kegiatan donor darah merupakan aksi sosial dan juga menyehatkan. Namun ternyata tidak semua masyarakat berani melakukannya. Untuk itu, berikut merupakan tips yang dapat membantu masyarakat dalam lancar melakukan donor darah.

Dokter fungsional PMI Kudus Elok Milhana mengatakan, kunci dalam melakuan donor sebenarnya terletak pada diri sendiri. Sebab segala sesuatunya tentang donor harus disiapkan oleh diri sendiri.

”Seperti halnya syaratnya. Yakni mulai dari berat badan yang minimal 45 kg. Jadi kalau mau donor bisa dipersiapkan untuk tidak kurang dari berat minimal tersebut,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, kesiapan mental juga sangat dibutuhkan untuk dapat melangsungkan donor darah. Melihat beberapa orang takut melakukan donor darah, khususnya bagi yang melakukan kali pertama.

Beberapa kasus, terkadang orang yang mau donor darah kali pertama akan merasa gugup. Hal irit berdampak pada tensi darah yang tidak stabil bahkan anjlok. Sehingga tidak dapat melakukan donor darah.

”Jadi bagi yang mau berdonor sebaiknya menjaga kondisi tubuh. Selain itu tidak usah khawatir soal donor darah, karena petugas juga sudah ahli,” ungkapnya.

Soal keinginan donor darah, PMI Kudus berharap besar bagi masyarakat. Sebab permintaan darah semakin banyak dari tiap tahun. Untuk itu harapannya juga makin banyak yang donor darah.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →