Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Murid SD Ilma Nafia Godong Grobogan Dibekali Cara Mencintai Lingkungan



Reporter:    /  @ 10:00:45  /  21 Februari 2016

    Print       Email
Rena Sanjaya dari Sahabat Berkebun Purwodadi saat menyampaikan materi terkait cara menanam secara hidroponik. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Rena Sanjaya dari Sahabat Berkebun Purwodadi saat menyampaikan materi terkait cara menanam secara hidroponik. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Pelatihan menanam sayuran dengan teknologi hidroponik diberikan pada puluhan murid SDIT Ilma Nafia, Kecamatan Godong, Sabtu (20/2/2016). Pelatihan tersebut memanfaatkan botol bekas sebagai tempat menanam.

”Pelatihan ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran cinta lingkungan sejak dini kepada para murid. Selain itu, kegiatan ini bisa menumbuhkan minat gemar menanam sekaligus membangkitkan kreativitas dengan memanfaatkan barang yang tidak bernilai,” ungkap Kepala SDIT Ilma Nafia Laela Nurisysyafa’ah.

Melalui pelatihan dasar hidroponik ini para murid memiliki wawasan baru terkait cara menanam yang lebih praktis dan efisien. Sehingga bisa dijadikan bekal untuk gemar menanam, baik sebagai hobi maupun sebagai sumber ekonomi. Sebab, metode hidroponik ini belum begitu familiar di kalangan masyarakat.

Sementara itu, Rena Sanjaya selaku nara sumber dari komunitas Sahabat Berkebun Purwodadi menyatakan, hidroponik merupakan budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Sehingga budidaya dengan cara ini memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan budidaya tanaman secara konvensional.

Antara lain, penanaman dapat diusahakan diberbagai tempat dan dilakukan sepanjang tahun tanpa tergantung musim. Kemudian, bisa menghemat penggunaan air dibandingkan dengan menanam di media tanah. Selain itu, pemeliharaan tanaman lebih mudah, masa tanam lebih cepat, dan tidak butuh pestisida.

”Anak-anak cukup antusias dengan pelatihan ini. Ada beragam tanaman yang kita uji coba, seperti beragam sayuran, buah, dan tanaman herbal,” jelas Rena.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →