Loading...
You are here:  Home  >  Kesehatan  >  Artikel ini

Wabah DBD Marak, Stok Darah PMI Kudus Kosong



Reporter:    /  @ 20:39:23  /  19 Februari 2016

    Print       Email
Beberapa masyarakat ikut donor darah yang digelar PMI di Kecamatan Kaliwungu, Jumat (19/2/2016). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Beberapa masyarakat ikut donor darah yang digelar PMI di Kecamatan Kaliwungu, Jumat (19/2/2016). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Banyaknya permintaan darah selama 2016, membuat PMI Kudus kehabisan stok darah. Terlebih, banyaknya warga yang terjangkit demam berdarah (DBD) membuat banyak warga yang mencari darah.

Hal itu diungkapkan dokter fungsional PMI Kudus, Elok Milhana. Menurutnya selama 2016, pencari darah sangat banyak. Bahkan terparah adalah pada pekan ini yang menyebabkan stok darah habis.

”Stoknya tidak mencukupi kebutuhan. Bahkan mulai kemarin, Kamis (18/2/2016) stoknya sudah habis. Untuk semua jenis darah,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, tiap bulan rata-rata penambahan stok darah dari donor darah sejumlah 150 kantung darah. Sedangkan permintaan kepada PMI melebihi jumlah tersebut.

Khususnya, golongan darah untuk jenis O. Golongan darah jenis itu banyak permintaan, namun banyak pula yang donor darah dengan jenis tersebut. Namun, PMI benar-benar kualahan akibat banyaknya penderita DBD. Sehingga stok kantung darah habis.

Hari ini, PMI Kudus tengah melakukan donor darah di Kecamatan Kaliwungu. Sedikitnya 60 kantung darah terserap dari donor darah tersebut.

Hanya, darah yang dikumpulkan belum dapat digunakan lantaran harus dibuatkan proses selanjutnya di PMI. ”Sedikitnya membutuhkan waktu sampai dua hari, baru darah dapat digunakan,” ujarnya.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →