Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Disdikpora Akan Bangun SD Baru di Dukuh Karangturi Kaliwungu Kudus



Reporter:    /  @ 18:37:11  /  19 Februari 2016

    Print       Email
 ilustrasi

ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Kudus – Di zaman teknologi yang semakin berkembang, ternyata masih ada anak-anak yang kesulitan menempuh pendidikan. Seperti yang dialami anak-anak di di Dukuh Karangturi, Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu. Mereka harus menempuh jarak dan medan cukup berat untuk sampai ke sekolah.

Melihat hal tersebut, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Kasmudi mengatakan pihaknya mewacanakan membangun SD di Dukuh Karangturi tersebut. Karena selama ini, anak-anak di Dukuh Karangturi harus melintasi tanggul atau tepi tanggul sepanjang 1.5 km untuk menuju ke SD yang berada di Desa Setrokalangan. ”Meskipun Dukuh Karangturi dan Setrokalangan itu satu desa, namun jaraknya cukup jauh,” katanya.

Dari informasi yang dihimpun MuriaNewsCom, ada dua SD yang berada di desa tersebut hanya tersentra di wilayah Desa Setrokalangan. Sehingga warga Dukuh Karangturi harus melintasi tanggul untuk bersekolah.

”Saya khawatir bila sungainya meluap, maka membahayakan anak-anak sekolah. Saat ini pun disaat berangkat dan pulang sekolah mereka harus berjalan. Sebab tanggul itu licin sekali,” ujar Kasmudi.

Sementara itu, terkait adanya wacana itu, pihaknya akan mewujudkan sekolah yang ideal. Sehingga warga setempat bisa menikmati pendidikan yang layak. ”Untuk sekolah ideal itu ya lahannya harus seluas 3000 m, terdiri dari 6 kelas, perpustakaan, dan ada toiletnya,” tuturnya.

Dia menilai, untuk memberikan pendidikan yang ideal itu, kemungkinan menghabiskan anggaran sebanyak Rp 2 miliar. Dalam penganggaran tersebut nantinya pihak dinas menganggarkan dari APBD atau APBN. Supaya dalam memberikan fasilitas sekolah dapat terlaksana dengan cepat.

”Disdikpora juga berdialog dengan kades setempat terkait pembangunan SD baru. Karena di Dukuh Karangturi belum memiliki SD,” tegasnya.

Kasmudi menambahkan, untuk tahunnya, pihak Disdikpora belum memastikan kapan akan mulai membangun SD baru tersebut.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →