Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Waduh, Masih Ada Bendahara Desa di Grobogan Belum Mahir Operasikan Komputer



Reporter:    /  @ 16:55:52  /  19 Februari 2016

    Print       Email
Kabag Pemerintahan Desa Pemkab Grobogan Daru Wisakti saat memberikan pelatihan pengelolaan keuangan bagi aparatur desa (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kabag Pemerintahan Desa Pemkab Grobogan Daru Wisakti saat memberikan pelatihan pengelolaan keuangan bagi aparatur desa (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Faktor sumber daya manusia (SDM) ternyata masih jadi salah satu penghambat pengelolaan dana desa. Hal ini terkait masih adanya sejumlah bendahara desa yang belum bisa mengoperasikan komputer dengan baik.

Kondisi ini sudah pasti akan memperlambat proses pelaporan pengelolaan dana desa. Soalnya, pengelolaan dana ini akan dimasukkan dalam program aplikasi komputer. Oleh sebab itu, penguasaan teknologi ini mutlak harus dikuasai oleh bendahara desa.

“Memang masih ada sejumlah bendahara yang tidak menguasai komputer. Mereka ini rata-rata sudah berumur,” kata Kabag Pemerintahan Desa Pemkab Grobogan Daru Wisakti saat memberikan pelatihan pengelolaan keuangan bagi aparatur desa di Gedung SKB Purwodadi, Kamis (19/2/2016).

Menurut Daru, guna membantu pelaksanaan pengelolaan keuangan desa, Pemkab Grobogan mengeluarkan aplikasi SIM SPJ. Aplikasi itu diberikan pada desa agar dalam pembuatan laporan dapat dilakukan lebih cepat dan akurat. Dengan begitu diharapkan pelaksanaan pembangunan desa dapat berjalan tepat waktu dan tertib administrasi.

Agar bisa mengoperasikan aplikasi dengan baik, seluruh aparatur desa mendapat pelatihan terlebih dahulu. Selain Kades selaku penanggungjawab, para sekretaris desa, bendahara, dan kaur yang membidangi juga mendapatkan pelatihan tersebut. Demikian pula, para tenaga pendamping desa juga diberikan pemahaman masalah pengelolaan keuangan.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →