Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Aksi Cerdas Polisi saat Razia Ini Patut Diacungi Jempol



Reporter:    /  @ 20:11:25  /  18 Februari 2016

    Print       Email
Salah satu anggota Satlantas Polres Grobogan sedang bersiap membikin pengumuman di bak kendaraan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Salah satu anggota Satlantas Polres Grobogan sedang bersiap membikin pengumuman di bak kendaraan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Tindakan cukup aneh dilakukan sejumlah anggota Satlantas Polres Grobogan saat menggelar kegiatan razia di beberapa titik jalan di kota Purwodadi, Kamis (18/2/2016).

Dimana, anggota Satlantas ini semangat menghentikan beberapa kendaraan bak terbuka yang melintas. Selain memeriksa surat kelengkapan kendaraan dan SIM pengemudi, ada satu hal lagi yang dikerjakan petugas. Yakni, membuat sebuah pengumuman di bak kendaraan menggunakan cat semprot. Tulisan yang dibuat ini berbunyi Dilarang Mengangkut Penumpang.

“Langkah ini dilakukan bertujuan untuk menghindari jatuhnya korban jiwa dari orang yang menumpang kendaraan bak terbuka. Tindakan ini kita lakukan karena masih ada kendaraan bak terbuka yang digunakan untuk mengangkut penumpang, meski sudah sering diperingatkan,” kata Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Nur Cahyo.

Perhatian terhadap kendaraan bak terbuka itu memang jadi salah satu perhatian utama dalam menekan angka kecelakaan. Karena kebiasaan di daerah pedesaan di wilayah Grobogan, kendaraan bak terbuka masih jadi sarana untuk mengangkut orang.

Langkah membuat tulisan di bak kendaraan merupakan salah satu upaya menciptakan keamanan dan ketertiban di jalan raya, serta melakukan langkah konkret dalam mewujudkan pembinaan fungsi satlantas guna menciptakan keamanan, keselamatan, dan ketertiban serta kelancaran dalam berlalu lintas.

“Selain berbahaya, kebiasaan itu melanggar pasal 303 UU No 22 Tahun 2009, tentang kendaraan yang tidak sesuai peruntukannya. Untuk itu, kami mengimbau pada semua sopir truk atau kendaraan terbuka lainnya agar tidak mengangkut penumpang,” tegasnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →