Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

Sebelum Habisi Ruslan, 13 Tersangka Rapat Beberapa Kali



Reporter:    /  @ 16:08:55  /  18 Februari 2016

    Print       Email
Sejumlah tersangka terlihat beramai-ramai menjelang eksekusi korban dalam rekonstruksi pembunuhan Ruslan di Mapolres Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Sejumlah tersangka terlihat beramai-ramai menjelang eksekusi korban dalam rekonstruksi pembunuhan Ruslan di Mapolres Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Proses rekonstruksi pembunuhan sadis yang terjadi pada 25 Januari 2016 lalu di Desa Tunahan, Kecamatan Keling, Jepara, telah usai. Dari rekonstruksi yang digelar di Mapolres Jepara tersebut nampak begitu rapi dan kompaknya para tersangka dalam menghabisi nyawa korban bernama Ruslan warga asal Desa Tunahan itu.

Masing-masing tersangka memiliki peran dan tugas dalam menjalankan aksinya. Ada yang berperan memanggil korban, kemudian menjemput korban, memprovokasi para tersangka lain, mematikan aliran listrik hingga memukul korban dengan batu besar dan kecil.

Kapolres Jepara AKBP Samsu Arifin menjelaskan, dari beberapa adegan rekonstruksi memang diketahui para tersangka sebelum mengeksekusi korban telah melakukan rapat beberapa kali. Kemudian setelah dipastikan korban berada di rumah usai sebelumnya dirawat di Rumah Sakit, mereka menjalankan aksinya di malam hari.

”Siang harinya korban baru pulang dari Rumah Sakit, kemudian malam harinya dieksekusi oleh para tersangka,” ujar Samsu Arifin kepada MuriaNewsCom, Kamis (18/2/2016).

Menurut dia, rapat yang dilakukan oleh para tersangka digelar di kediaman salah seorang tersangka. Mereka telah membicarakan secara matang rencana pembunuhan dengan cara pengeroyokan.

Dari rekonstruksi yang telah dilakukan, Samsu Arifin mengaku sudah cukup mengetahui peran dan keterlibatan dari masing-masing tersangka yang berjumlah 13 orang tersebut. Nantinya hal itu yang juga dijadikan bahan pertimbangan untuk kepentingan proses persidangan.

Pasal yang dikenakan kepada para pelaku adalah pasal tentang pembunuhan secara berencana, yakni pasal 340 KHUP dengan ancaman hukuman mati. Meski begitu dalam persidangan nanti bisa saja berbeda-beda hukuman yang didapatkan oleh para tersangka sesuai dengan peran mereka dalam kasus tersebut.

Editor : Titis Ayu Winarni

Baca juga :

Seorang Warga Jepara Tewas Mengenaskan Karena Dianiaya

Benda Ini Diduga Digunakan Pelaku untuk Menghabisi Ruslan

13 Warga jadi Tersangka Penganiayaan yang Tewaskan Ruslan di Jepara

Isu Dukun Santet Jadi Pemicu Warga Menghabisi Ruslan

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →