Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Hasil Produksi Melon Grobogan Bakal Menembus Swalayan



Reporter:    /  @ 14:40:38  /  18 Februari 2016

    Print       Email
Para petani mendapatkan sosialisasi berkaitan dengan kerja sama yang akan dilakukan dengan penyalur. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Para petani mendapatkan sosialisasi berkaitan dengan kerja sama yang akan dilakukan dengan penyalur. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Hasil panen melon para petani di Grobogan dalam waktu dekat akan mudah ditemukan di pasar besar, yaitu mal dan swalayan. Hal ini menyusul adanya kerja sama yang dilakukan Dinas Pertanian TPH Grobogan dengan PT Cengkeh Zanzibar serta para petani melon. Perusahaan ini, merupakan salah satu penyalur aneka buah-buahan ke pasar modern.

Kepala Dinas Pertanian TPH Grobogan Edhie Sudaryanto menyatakan, proses kerja sama dimulai dengan melibatkan 80 petani dari 8 kelompok tani di beberapa kecamatan untuk menanam komoditas melon. Para petani nantinya mendapatkan bantuan benih, pupuk, obat-obatan yang dananya bersumber dari APBN.

”Total areal tanaman melon melalui progam ini luasnya sekitar 40 hektare. Kita rencanakan, tanaman melon bisa mulai ditanam bulan April mendatang,” jelas Edhie didampingi Kabid Hortikultura Imam Sudigdo saat menyampaikan sosialisasi dengan para petani melon di Aula Dipertan TPH Grobogan, Kamis (18/2/2016).

Acara tersebut juga dihadiri Direktur PT Cengkeh Zanzibar Gunawan Setyadji dan Manajer Pemasaran Edi Kurniawan.

Dijelaskan, digandengnya perusahaan penyalur itu punya beberapa tujuan. Antara lain, menjamin kepastian penjualan melon yang dihasilkan para petani.  Dengan menggandeng penyalur, petani juga akan terhindar dari ketidakpastian harga. Khususnya, saat berlangsung panen raya yang seringkali menyebabkan anjloknya harga jual. Sebab harga yang ditentukan penyalur dinilai relatif stabil dalam segala kondisi.

”Selain itu, kita ingin agar melon dari Grobogan bisa menembus pasar yang lebih besar. Selama ini, melon kita lebih banyak terserap di pasar lokal. Kalau bisa berhasil menembus pasar besar maka keberadaan melon dari Grobogan akan lebih dikenal,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini, produksi melon di Grobogan mencapai 16.000 ton per tahun. Adapun luas lahan melon ada sekitar 800 hektare yang tersebar di beberapa kecamatan. Hasil produksi melon Grobogan ini menjadi yang terbesar di level Jawa Tengah.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →