Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Belajar Pengelolaan PAD, Pemkot Tasikmalaya Berguru ke Pemkab Grobogan



Reporter:    /  @ 11:27:33  /  18 Februari 2016

    Print       Email
Beberapa pejabat dari Pemkot Tasikmalaya saat berkunjung ke Grobogan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Beberapa pejabat dari Pemkot Tasikmalaya saat berkunjung ke Grobogan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Sejumlah pejabat dari Pemkot Tasikmalaya melakukan kunjungan kerja ke Grobogan, Kamis (18/2/2016). Kedatangan rombongan dari wilayah baru di Provinsi Jawa Barat itu dipimpin Asisten Administrasi dan Umum Pemkot Tasikmalaya Ronny Mulyawan.

Rombongan dari Kota Tasikmalaya diterima Asisten Administrasi Pemkab Grobogan Mokh Nursahid di ruang rapat wakil bupati. Ikut mendampingi, Kabag Pengendalian Pembangunan Siswanto dan sejumlah staf dari beberapa dinas terkait.

Dalam kesempatan itu, Ronny Mulyawan menyatakan, maksud kedatangan ke Grobogan adalah untuk menimba ilmu terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD). Mulai cara meningkatkan, dan mengelola PAD.

“Perlu diketahui, PAD ditempat kami masih kecil, baru sekitar Rp 200 juta. Sementara, total APBD kita juga berkisar Rp 1 triliun. Dibandingkan dengan Grobogan, PAD maupun APBD kami masih kalah jauh,” katanya.

Dijelaskan, Kota Tasikmalaya merupakan wilayah yang tergolong baru dari hasil pemekaran. Jumlah kecamatan yang dimiliki baru ada 10. Dua kecamatan diantaranya tergolong baru dari pemekaran wilayah kecamatan yang sudah ada sebelumnya.

Sementara itu, Mokh Nursahid, Asisten Administrasi Pemkab Groboganmenjelaskan, beberapa tahun lalu PAD di Grobogan juga terhitung kecil. Namun, seiring niat yang tinggi, berbagai dinas terkait melakukan berbagai inovasi untuk memacu peningkatan PAD.
“PAD kita sekarang berkisar Rp 1 miliar dan APBD kita sekitar Rp 2,2 triliun. Kenaikan ini tidak terjadi begitu saja tetapi melalui proses panjang dan berkat koordinasi yang baik dari berbagai pihak” katanya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →