Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

Begini Cara Mengetahui Pupuk Subsidi Asli dengan Pupuk Tiruan



Reporter:    /  @ 15:59:01  /  17 Februari 2016

    Print       Email
Hariyanto menunjukkan pupuk super fosfat SP-36 bersubsidi di gudang penyimpanan pupuk di Margorejo, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Hariyanto menunjukkan pupuk super fosfat SP-36 bersubsidi di gudang penyimpanan pupuk di Margorejo, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Sales Supervisor PT Petrokimia Gresik Wilayah Pati, Rembang, dan Blora Hariyanto membeberkan cara mengetahui pupuk bersubsidi asli dari pemerintah dengan pupuk tiruan yang mirip dengan pupuk bersubsidi. Hal itu dibeberkan, setelah banyaknya peredaran pupuk tiruan yang meresahkan petani.

Ia mengatakan, pupuk bersubsidi sudah dipastikan ada keterangan “Pupuk Bersubsidi Pemerintah: Barang dalam Pengawasan”. Produsen peniru pupuk bersubsidi tidak akan berani memberikan keterangan tersebut.

Baca juga : Waspada! Banyak Beredar Pupuk Bersubsidi Tiruan di Pati

”Kedua, teliti betul merek itu, mulai dari kelengkapan huruf termasuk tanda baca titik dan koma. Mereka memanfaatkan huruf dan tanda baca dalam melakukan tiruan,” tutur Hariyanto saat berbincang dengan MuriaNewsCom, Rabu (17/2/2016).

Untuk pupuk Phonska, biasanya ditiru dengan merek “Phoska” dengan gambar kerbau. Padahal, pupuk bersubsidi dari pemerintah yang terbaru sekarang ini justru menggunakan lambang unsur kimia berbentuk bulatan berwarna oranye, hijau, kuning, biru dan putih bertuliskan “Pupuk Indonesia Holding Company”.

”Pupuk merek Phonska sekarang tak lagi menggunakan lambang kerbau. Sayangnya, petani masih terbawa dengan merek lama. Padahal, pupuk tiruan bermerek Phoska justru menggunakan lambang kerbau,” tambahnya.

Selanjutnya, pupuk bersubsidi tak mungkin dijual dari pintu ke pintu seperti sales. Pupuk bersubsidi hanya dijual di kios resmi.

”Itu harganya cuma terpaut Rp 30 ribuan saja, kalau petani pilih merek tiruan tapi unsur hara tidak sesuai dengan yang ada pada label sama saja bohong. Phonska biasanya terdapat nitrogen, fosfat, dan kalium masing-masing 15 persen. Sementara itu, pupuk super fosfat SP-36 mengandung fosfat sebesar 36 persen dan sulfur 5 persen,” pungkasnya.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →