Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

Waspada! Banyak Beredar Pupuk Bersubsidi Tiruan di Pati



Reporter:    /  @ 15:56:04  /  17 Februari 2016

    Print       Email
Hariyanto menunjukkan pupuk bersubsidi merek Phonska asli di gudang pupuk di Margorejo, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Hariyanto menunjukkan pupuk bersubsidi merek Phonska asli di gudang pupuk di Margorejo, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Peredaran pupuk tiruan yang mirip dengan pupuk bersubsidi dari pemerintah mulai meresahkan masyarakat Pati dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu diamini Hariyanto, Sales Supervisor PT Petrokimia Gresik Wilayah Pati, Blora, dan Rembang.

”Banyak pupuk yang beredar di kalangan petani dengan merek yang hampir mirip dengan pupuk bersubsidi yang dikeluarkan pemerintah,” ujar Hariyanto kepada MuriaNewsCom, Rabu (17/2/2016).

Salah satunya, pupuk bersubsidi merek Phonska yang ditiru dengan adanya pupuk merek “Phoska” tanpa huruf N. Kalau petani tak teliti, mereka bisa dipastikan akan tertipu.

Apalagi harga pupuk tiruan itu di bawah harga bersubsidi dari pemerintah, sehingga petani terkadang tergiur dengan tawaran dari seseorang yang tak bertanggung jawab. Jika harga pupuk bersubsidi berkisar di angka Rp 115 ribu per sak, pupuk tiruan bisa dijual mulai dari Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu per sak.

”Kalau petani beli pupuk tiruan yang mereknya dimiripkan pupuk bersubsidi dari pemerintah, biasanya kandungan unsur hara sangat sedikit sehingga tidak punya pengaruh pada tanaman. Kasihan petani, kalau tidak jeli bisa terjebak pada kemasan pupuk tiruan,” tuturnya.

Selain Phonska, ada juga pupuk bersubsidi merek SP-36 yang ditiru dengan merek SP 3,6 atau SP 3.6. Pupuk tiruan biasanya bermain pada tanda dan huruf untuk mengelabuhi merek yang sesungguhnya.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →