Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Karimunjawa Ternyata Erat Kaitannya dengan Sunan Kudus



Reporter:    /  @ 11:06:43  /  17 Februari 2016

    Print       Email
Gapura selamat datang di Karimunjawa (MuriaNewsCom)

Gapura selamat datang di Karimunjawa (MuriaNewsCom)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Siapa yang tidak kenal dengan Karimunjawa, pulau yang terkenal dengan keindahan alam terutama pantai dan lautnya. Pulau yang berada di luar wilayah Kabupaten Jepara itu ternyata memiliki hubungan yang erat dengan Sunan Kudus.

Dari cerita tutur yang beredar di masyarakat sana, kaitannya dengan Sunan Kudus ini tidak lain dari putra wali yang dimakamkan di Kudus itu. Ya, dia adalah Amir Hasan, yang terkenal dengan Sunan Nyamplungan.

Seperti yang dijelaskan oleh Hadi Priyanto dalam bukunya “Legenda Jepara”, Sunan Kudus sangat mendidik putranya tersebut. Bahkan pernah dititipkan kepada Sunan Muria untuk mendalami ilmu agama.

Ketika sudah dewasa, Amin Hasan diperintah oleh ayahnya untuk pergi ke suatu pulau yang terlihat dari pucuk Gunung Muria. Pulau tersebut terlihat samar-samar atau “kramun-kramun” .Dengan disertai dua orang abdi, Amir pergi ke pulai tersebut.Mereka dibekali dua biji buah Nyamplung untuk ditanam dan berbagai macam barang antara lain mustaka masjid, tongkat, lele, dan nasi.

Dengan penuh kesabaran akhirnya Amin Hasan sampai pada pulau yang dituju. Kemudian Amir Hasan menetap disana dengan melakukan aktifitas dakwah Islamiyahnya. Selanjutnya, pulau tersebut dinamai Karimunjawa sebagaimana pulau yang terlihat samar-samar (kramun-kramun) ketika dilihat dari pucuk Gunung Muria.

Konon, upaya dakwah yang dilakukan Amir Hasan tersebut berbuah manis, dan mendapatkan banyak pengikut. Dari secuil sejarah tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa asal muasal Karimunjawa, erat kaitannya dengan perjalanan syiar Islam di tanah Jawa.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →