Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Ini Beragam Potensi yang Dimiliki Kabupaten Pati



Reporter:    /  @ 09:16:15  /  17 Februari 2016

    Print       Email

f-potensi pati

 

MuriaNewsCom, Pati  – Kabupaten Pati terletak di pantai utara bagian timur, berbatasan dengan Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara dibagian barat, Laut Jawa di bagian utara, Kabupaten Rembang di bagian timur, dan Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora di bagian selatan.

Kabupaten Pati mempunyai luas wilayah 150.368 Ha yang terdiri dari 58.448 Ha lahan sawah dan 91.920 Ha lahan bukan sawah.  Pati juga memiliki beragam potensi dan produk unggulan. Selain terkenal dengan bandeng prestonya, Pati adalah salah satu dari dua kabupaten penghasil buah manggis terbesar di Jawa Tengah selain Cilacap.

Berikut ini, beragam potensi yang dimiliki Kabupaten Pati sekaligus wilayah sentra potensi tersebut, seperti yang dikutip dari patikab.go.id.

Pertama, adalah sentra jambu monyet, yang terdapat di Desa Margorejo. Kemudian , sentra kelapa kopyor genjah (kelapa yang dagingnya terpisah dengan tempurung) terdapat di Dukuhseti.

Selanjutnya ada sentra buah manggis  di Desa Gunungsari, kerajinan kuningan, di Desa Juwana, usaha susu sapi  di Desa Sukoharjo, industri garam di Kecamatan Batangan, industri gula di Desa Trangkil, industri criping singkong aneka rasa terdapat di Banyuurip, sentra pengodol kapuk randu  di Desa Karaban, Kecamatan Gabus (produk kasur, bantal, guling dan lain sebagainya).

Kemudian ada sentra padi dan kacang hijau  di Desa Jambean Kidul, Margorejo,  perkebunan kopi   di Desa Jolong, Gembong, industri tepung tapioka di Desa Ngemplak, Margoyoso, industri Kain Batik Bakaran di Desa Bakaran, Juwana, industri batu bata di Desa Trangkil dan industri terasi udang rebon  di Desa Juwana.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →