Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Video – Masih Alami, Air Terjun di Somosari Jepara ini Cocok Buat Nge-Trip



Reporter:    /  @ 19:15:46  /  16 Februari 2016

    Print       Email
Air terjun Kedung Paso di Dukuh Kedawung, Desa Somosari, Kecamatan Batealit, Jepara meski bukan hari libur, tetap ramai pengunjung. (MuriaNewsCom/ Wahyu Khoiruz Zaman)

Air terjun Kedung Paso di Dukuh Kedawung, Desa Somosari, Kecamatan Batealit, Jepara meski bukan hari libur, tetap ramai pengunjung. (MuriaNewsCom/ Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Kabupaten Jepara memiliki potensi wisata yang tiada habisnya. Tidak hanya wisata laut dan buatan yang sudah terkenal, tetapi juga wisata pegunungan baik yang sudah banyak dikenal maupun yang masih perawan. Kali ini MuriaNewsCom ingin menunjukkan air terjun di Dukuh Kedawung, Desa Somosari, Kecamatan Batealit, Jepara. Air terjun yang diberi nama oleh warga sekitar sebagai air terjun Kedung Paso ini, masih alami dan cantik. Sangat menarik dan cocok buat nge-trip bagi Anda yang suka berpetualang.

Lokasi air terjun yang satu ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Kecamatan Batealit Jepara. Kamu cukup berkendara sekitar 20 menit dari Kecamatan Batealit untuk sampai di Dukuh Kedawung, Desa Somosari. Kemudian kendaraan dapat dititipkan di tempat penitipan milik warga. Selanjutnya, berjalan kaki selama kurang lebih setengah jam menyusuri jalan setapak yang telah tersedia.

”Jalan setapak ini baru dibuat sekitar sepekan lalu oleh warga, dengan cara kerja bakti membuka akses jalan yang lebih layak. Sebelumnya akses jalannya sulit dan membahayakan. Tapi ini sudah dibuatkan jalan yang lebih layak,” ujar salah seorang pemuda setempat, M Jibro Malisi kepada MuriaNewsCom, Selasa (16/2/2016).

Memang, akses jalan setapak yang dibuat warga tersebut tidak terlalu membahayakan. Sebagian jalan disediakan dengan sejumlah batang bambu yang dapat dijadikan pegangan tangan ketika menaiki tebing. Dan yang tak kalah mengasyikan, yaitu menyeberangi sungai-sungai kecil di sepanjang jalan sambil melihat pemandangan asri.

Keletihan berjalan kaki di pinggiran tebing yang curam seolah terbayar ketika sampai di lokasi air terjun. Sebab, keindahan air terjun ini luar biasa. Dinding tebing di sekitar air terjung didominasi bebatuan besar. Selain itu, air yang turun juga sangat jernih dan menyegarkan sehingga cocok dibuat mandi dan bermain.

Di lokasi ini juga ada spot-spot untuk camping, berwisata alam dengan mendirikan tenda. Pengunjung tidak perlu khawatir dalam perjalanan, merasa lapar atau haus. Sebab, ada dua warung kecil yang buka di sana. Warung tersebut menyediakan berbagai jenis minuman, dan makanan ringan serta mi instan. Tak ada salahnya jika mencoba berwisata alam di lokasi yang satu ini, dijamin tidak akan rugi.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →