Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Masyarakat Desa Somosari Jepara Diminta Tidak Menebang Pohon Sembarangan di Area Hutan



Reporter:    /  @ 18:50:39  /  16 Februari 2016

    Print       Email
Sejumlah warga dan murid SD Desa Somosari melakukan penghijauan di tebing pegunungan Muria turut Desa Somosari, Batealit, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Sejumlah warga dan murid SD Desa Somosari melakukan penghijauan di tebing pegunungan Muria turut Desa Somosari, Batealit, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Masyarakat di kawasan Desa Somosari, Kecamatan Batealit, Jepara diminta untuk selalu melestarikan lingkungan, yaitu tidak melakukan penebangan pohon sembarangan di area hutan. Hal itu ditekankan salah satu perangkat desa setempat, A Rofik.

Menurutnya, untuk menghindari kemungkinan terjadinya bencana harus dilakukan pelestarian alam. Apalagi di Desa Somosari banyak lahan perkebunan dan hutan yang harus selalu dijaga kelestariannya.

Baca juga : Rela Mendaki Gunung dan Telusuri Hutan, Puluhan Murid SD di Jepara Ini Bantu Penghijauan

”Selama ini warga cukup baik dalam menjaga kelestarian alam di wilayah lereng gunung. Ini harus dipertahankan. Kalau bisa lebih ditingkatkan dengan cara melakukan penghijauan untuk lahan yang sudah gundul,” katanya kepada MuriaNewsCom, Selasa (16/2/2016).

Menurut dia, kalau kawasan hutan di Desa Somosari tidak dijaga, sangat berisiko tinggi. Ketika musim kemarau sebagian desa lainnya akan kekurangan air. Sedangkan ketika musim hujan potensi bencana tanah longsor semakin tinggi.

”Kami juga diminta oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan untuk menjaga wilayah ini. Jadi kalau ada yang merusak lingkungan seperti melakukan pencurian pohon, kami akan laporkan,” ungkapnya.

Pihaknya mengapresiasi upaya warga yang melakukan penghijauan pada Selasa (16/2/2016) sejak pagi tadi. Diharapkan, bibit tanaman yang ditanam tersebut dapat bermanfaat dikemudian hari.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →