Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Video – Rela Mendaki Gunung dan Telusuri Hutan, Puluhan Murid SD di Jepara Ini Bantu Penghijauan



Reporter:    /  @ 17:55:32  /  16 Februari 2016

    Print       Email
Peserta KKN dan murid SD Kedawung Desa Somosari, Kecamatan Batealit sedang menanam pohon di area lereng gunung Muria, desa setempat. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Peserta KKN dan murid SD Kedawung Desa Somosari, Kecamatan Batealit sedang menanam pohon di area lereng gunung Muria, desa setempat. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Kondisi alam semakin lama semakin memprihatinkan, terutama di kawasan pegunungan. Banyak lahan di area lereng gunung Muria, tepatnya di wilayah Desa Somosari, Kecamatan Batealit, Jepara yang gundul. Hal itu membuat prihatin warga sekitar sehingga warga dan pemuda setempat juga anak-anak Sekolah Dasar (SD) turut membantu penghijauan yang digelar peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unisnu Jepara, Selasa (16/2/2016).

Meski lokasi penghijauan berada di lereng pegunungan dengan akses jalan setapak di tebing. Tidak menyurutkan semangat adik-adik kecil untuk turut membantu menanam bibit pohon. Bahkan mereka nampak ceria melakukan penanaman tersebut secara beramai-ramai.

”Kami senang bisa menanam pohon supaya hutan kami lebih terjaga,” kata salah seorang siswi SD Kedawung Desa Somosari, Tania kepada MuriaNewsCom, Selasa (16/2/2016).

Salah seorang peserta KKN Unisnu Jepara, Makmun Aryadi mengatakan, acara penghijauan ini digelar agar menjaga kelestarian wilayah pegunungan setempat. Sebab ketika dilakukan observasi sebelumnya memang ada beberapa area yang terlihat gundul.

”Kemudian kami bahas dengan pemuda desa, dan menghasilkan kesepakatan untuk melakukan penghijauan,” katanya.

Menurutnya, penghijauan ini dilakukan dengan menanam sedikitnya dua ribu bibit pohon dengan berbagai jenis. Pihaknya juga mengajak pihak SD terdekat untuk membantu. Tapi ternyata tidak hanya satu atau dua siswa yang ikut, tetapi puluhan murid SD berkeinginan untuk ikut membantu.

Editor : Titis Ayu Winarni

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →