Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Endapan Lumpur 1 Meter  Ditemukan di Bak Penyaring Air PDAM Grobogan 



Reporter:    /  @ 17:27:49  /  16 Februari 2016

    Print       Email
Kabag Perekonomian Pemkab Grobogan Anang Armunanto (baju merah) sedang memonitor pembenahan filter penyaringan air didampingi Plt Direktur PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan Sudarsono dan anak buahnya. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kabag Perekonomian Pemkab Grobogan Anang Armunanto (baju merah) sedang memonitor pembenahan filter penyaringan air didampingi Plt Direktur PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan Sudarsono dan anak buahnya. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan menemukan endapan lumpur yang ada pada bak filter penyaring air PDAM tebalnya sampai 1 meter.

Banyaknya endapan lumpur karena lamanya penanganan. Penanganan pada filter penyaring ini kali terakhir dilakukan pada 2012 atau empat tahun lalu.

Dengan penanganan, harapan para pelanggan PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan untuk mendapatkan pasokan air yang berkualitas tampaknya akan terwujud. Hal ini menyusul adanya kegiatan penanganan pada bak filter penyaring yang terdapat pada instalasi pengolahan air (IPA) baku, sejak beberapa hari lalu.

Penanganan pada filter penyaring ini kali terakhir dilakukan pada 2012 atau empat tahun lalu.

“Penanganan filter penyaringan ini memang sudah waktunya dilakukan. Idealnya, penanganannya tiap 3 atau 4 tahun sekali. Terakhir kali kita lakukan tahun 2012 lalu. Penanganan filter ini bertujuan ,” ungkap Plt Direktur PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan Sudarsono, saat ditemui di lokasi IPA di depan Stadion Krida Bhakti, Purwodadi, Selasa (16/2/2016).

Dijelaskan, selain menguras endapan lumpur, penanganan bak filter itu juga dilakukan dengan mengganti bahan material penyaring air. Terdiri dari gravel, pasir kuarsa dan antrasit. Tiga bahan ini ditumpuk setinggi 75 cm. Masing-masing lapisan ketebalannya 25 cm.

Selain membantu menjernihkan air, tiga bahan ini juga punya fungsi lain. Yakni, mengurai bau dan warna air. Ditempatkannya material ini juga bisa mempercepat distribusi air hingga ke tempat penampungan utama.

Jumlah bak filter penyaring air itu ada 16 unit. Masing-masing berukuran 3,30 x 1,80 meter dengan kedalaman 6 meter. Tiap bak mampu menampung air sebanyak 5 meter kubik.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Pemkab Grobogan Anang Armunanto menambahkan, persoalan yang ada di PDAM memang cukup kompleks. Oleh sebab itu, perlu diurai satu persatu guna meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

Setelah dievaluasi, salah satu upaya yang bisa dikerjakan saat ini adalah menangani filter penyaringan air. Hal ini cukup diprioritaskan lantaran upaya ini bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas air yang diberikan pada pelanggan.

“Saya selaku dewan pengawas PDAM selalu menekankan pentingnya melakukan berbagai upaya nyata untuk meningkatkan pelayanan pada pelanggan. Salah satunya adalah melalui pembenahan filter penyaringan ini,” kata Anang yang kebetulan tengah memonitor pembenahan filter penyaringan air tersebut.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →