Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

TNI Bersama Warga Lakukan Upacara ‘Wiwitan’ Sebelum Panen Raya Padi Ciherang di Kradenan Blora



Reporter:    /  @ 15:25:54  /  16 Februari 2016

    Print       Email
Anggota Koramil 10/Kradenan bersama petani lakukan panen padi ciherang (Istimewa)

Anggota Koramil 10/Kradenan bersama petani lakukan panen padi ciherang (Istimewa)

 

MuriaNewsCom, Blora, – Koramil 10/Kradenan bersama kelompok tani “Tani Makmur” melaksanakan panen raya padi ciherang di Desa Mojorembun, Kecamatan Kradenan, Blora, Selasa (16/02/2016)

Sebelum panen raya dimulai, petani terlebih dahulu mengadakan upacara adat berupa “wiwitan”. Hal ini, sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan nikmat dan rezeki kepada petani.  “Upacara adat ini sudah turun temurun dari nenek moyang,” ujar Babinsa desa setempat Serda Mujiana.

Acara wiwitan itu dihadiri Kades Mojorembun beserta perangkat, anggota kelompok tani, PPL serta Danramil 10/Kradenan Kapten Inf Suwarno. Dalam kesempatan itu, Danramil juga menyampaikan jika, TNI khususnya Babinsa Koramil Kradenan selalu siap membantu para petani meningkatkan Upsus Pajale. “ Ini merupakan bagian tugas TNI AD dalam pendampingan pertanian,” katanya.

Berdasarkan data yang dimiliki babinsa, beberapa kelompok tani yang melakukan panen hari ini diantaranya, Kelompok Tani Ngudi Makmur Mendenrejo, dengan luas lahan panen 33.600 meter dan hasilnya mencapai  20,8 ton, Poktan Sumber Rejeki luas panen 21.850 meter dengan hasil 13,2 ton. Selanjutnya ada  Poktan Sido Makmur 2 Medalem dengan luas panen 36.400 meter  dan hasilnya  22,6 ton, Poktan Cahaya Tani Mojorembun luas panen 15 hektare dengan hasil mencapai hasil 90,2 ton. “Ada juga Poktan Tani Makmur Mojorembun luas panen 6 hektare dengan hasil 44,5 ton,” ungkapnya Danramil.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →