Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Kartu Identitas Anak di Blora Akan Disoalisasikan April



   /  @ 19:57:35  /  15 Februari 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Blora – Program yang digalakkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berupa Kartu Identitas Anak (KIA) dimulai pada 2016 ini. Pemkab Blora pun mulai menyiapkan diri.
Yakni, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Blora mempunyai rencana akan mensosialisasikan program pendataan secara nasional itu pada April mendatang.

Kepala Disdukcapil Blora Purwadi Setiono melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendaftaran Penduduk Agus Listyono mengatakan kepada MuriaNewsCom, Senin (05/02/2016), pihaknya sampai saat ini belum menerima petunjuk teknis (juknis) dari Kemendagri.

“Maret mendatang  pihaknya baru akan meminta kepada Kemendagri perihal juknis KIA,” kata Agus.
Sampai saat ini, lanjut Agus, dari info yang diterimanya di Jawa Tengah baru tiga daerah yang merealisasikan program dari Kemendagri tersebut, yakni Kota Salatiga, Kota Solo dan Kabupaten Batang. Sementara, untuk kabupaten lain masih menunggu info selanjutnya. “Kami akan tetap laksanakan sosialisai, rencana April mendatang,” ujar Agus.

Kemendagri memberlakukan KIA sebagai salah satu pemenuhan administrasi kependudukan. KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah, yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Selain itu, KIA juga bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik, serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.
KIA yang akan diberikan dibagi menjadi dua jenis. Jenis yang pertama untuk anak yang berusia 0 sampai dengan 5 tahun. Sementara itu, jenis yang kedua untuk anak yang berusia 5 sampai dengan 17 tahun.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →