Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

Pemerintah Akui Aktivitas Galian C di Jepara Sulit Diatasi



Reporter:    /  @ 15:15:56  /  15 Februari 2016

    Print       Email
galian-c

Salah satu dampak dari aktivitas galian C (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Aktivitas penambangan galian C di Jepara cukup banyak dan tersebar di beberapa wilayah, khususnya di bagian utara dan selatan. Dari aktivitas tersebut, sebagian di antaranya ilegal.

Untuk mengatasi aktivitas penambangan C yang ilegal tersebut, Pemerintah Kabupaten Jepara mengaku mengalami kesulitan.

“Galian C yang bermasalah atau ilegal itu sulit diatasi. Karena, hal itu sudah menjadi wewenang pemprov sepenuhnya, dan penindakan langsung ditangani pihak kepolisian,” kata Kepala Bidang Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Dinas Bina Marga Pengairan dan ESDM Jepara, Ngadimin kepada MuriaNewsCom, Senin (15/2/2016).

Baca juga : Penindakan Galian C Bermasalah di Jepara Kini Jadi Urusan Polisi

Menurut dia, persoalan galian C ilegal tersebut sudah ada sejak lama. Tetapi penindakan yang sudah dilakukan bagi penambang ilegal pun belum mampu membuat jera. Pasalnya, ketika sudah diberi sanksi bahkan dilakukan penyitaan alat, para pelaku penambang ilegal tidak kapok.

“Sudah banyak upaya penindakan yang dilakukan. Dulu dari Satpol PP juga sering melakukan penindakan. Kemudian dari polisi juga demikian, telah melakukan penindakan. Tetapi tidak kemudian membuat mereka jera,” ungkapnya.

Dia menambahkan, khusus untuk di Kabupaten Jepara,aktifitas penambangan ada di wilayah utara dan selatan. Namun, untuk wilayah selatan tidak ada gejolak dari warga sekitar terhadap keberadaan aktivitas mereka. Sedangkan di wilayah utara memang diakuinya banyak laporan warga terkait masalah penambangan ilegal.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →