Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

Penindakan Galian C Bermasalah di Jepara Kini Jadi Urusan Polisi



Reporter:    /  @ 13:56:08  /  15 Februari 2016

    Print       Email
Aktivitas galian C di Kabupaten Jepara. Kini penindakan galian c bermasalah di Jepara jadi urusan polisi setempat. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Aktivitas galian C di Kabupaten Jepara. Kini penindakan galian c bermasalah di Jepara jadi urusan polisi setempat. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Seiring dengan pengambil alihan wewenang terkait pertambangan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) ke Pemerintah Provinsi (Pemprov). Pemkab Jepara tidak memiliki wewenang apa-apa terkait penindakan tambang ilegal termasuk galian C. Ternyata, untuk wewenang penindakan bagi penambang bermasalah diserahkan kepada pihak kepolisian.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Dinas Bina Marga Pengairan dan ESDM Jepara, Ngadimin. Menurutnya, sebagaimana hasil pertemuan di kementerian terkait, dihasilkan kejelasan jika masalah wewenang penindakan tambang ilegal di tingkat Kabupaten menjadi urusan kepolisian setempat.

”Kalau di Jepara ya menjadi urusan Polres Jepara. Bukan lagi menjadi urusan Satpol PP Jepara,” kata Ngadimin kepada MuriaNewsCom, Senin (15/2/2016).

Lebih lanjut dia mengemukakan, Pemkab Jepara yang sebelumnya diurusi bidangnya kini sudah tidak lagi. Bahkan pihaknya tidak memiliki wewenang memberikan rekomendasi terkait perizinan aktivitas penambangan yang ada di wilayah Kabupaten Jepara.

”Semua di-handle Provinsi, termasuk perizinan dan pengawasannya. Kami pun tidak memiliki wewenang untuk memberikan rekomendasi. Tetapi kalau hanya memberi bahan pertimbangan masih bisa,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sebelumnya memang wewenang penindakan ada pada Satpol PP Kabupaten. Kemudian setelah wewenang diambil Provinsi penindakan menjadi wewenang Satpol PP Provinsi. Namun usai dilakukan pembahasan di Kementerian, penindakan dilakukan oleh pihak kepolisian setempat.

Editor : Titis Ayu Winarni

 

Baca juga :

15 Truk Angkut Tanah Galian C Jepara Diamankan Polisi

Satpol PP Jepara Siap Bertindak Atasi Galian C Meresahkan

Aktivitas Galian C di Nalumsari Jepara Meresahkan Warga

Warga Bangsri Jepara Protes Soal Truk Pengangkut Galian C

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →