Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Banjir Karangturi Kudus, Warga Ini Malah dapat ‘Berkah’



Reporter:    /  @ 20:59:40  /  13 Februari 2016

    Print       Email
Wasiah mengolah tanaman kangkungnya di Kudus. (MuriaNewsCom/ Edy Sutriyono)

Wasiah mengolah tanaman kangkungnya di Kudus. (MuriaNewsCom/ Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Meski banjir masih menggenangi akses jalan perdukuhan Karangturi, Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, tapi salah satu warga setempat Wasiah malah dapat berkah. Yaitu dapat mengantongi pemasukan ratusan ribu rupiah.

Ya, pemasukan tersebut didapatnya dari hasil panen kangkung bangkok yang sudah ditanamnya semenjak satu bulan yang lalu. “Syukurlah, permukiman Karangturi ini tidak terendam air. Sehingga saya bisa memanen kangkung ini. Meskipun kangkung ini tahan air, akan tetapi bila terkena banjir, maka rasanya akan berubah saat disamak,” kata Wasiah.

Tanaman kangkung yang sudah ditanamnya di area persawahan kini sudah ditunggu tengkulak untuk dibeli seharga Rp 650 ribu.”Ya nanti ada tengkulak yang akan mengambil. Kalau dijual eceran sih seharga Rp 1.500 per ikat. Namun bila ditebas, maka akan bisa laku Rp 500 ribu hingga Rp 650 ribu,” ujarnya.

Dia menilai, panen kangkung di saat musim banjir ini merupakan berkah tersendiri. Yakni bisa mencukupi kebutuhannya saat sandang pangan sulit didapat. “Setidaknya bisa dibuat membeli sembako dan kebutuhan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, kangkung yang ditanamnya juga bukan jenis sembarangan. Yakni kangkung berjenis bangkok. Yang memang bibitnya dibeli secara khusus di toko pertanian.

“Untuk kangkung ini kita beli bibitnya di toko pertanian seharga Rp 50 ribu per kg. Sedangkan untuk perawatannya sendiri juga cukup mudah. Yakni tinggal diberi pupuk 2 kali dalam satu bulan. Yakni minggu pertama dan ketiga. Setelah minggu ke empat atau satu bulan maka kangkung ini bisa dipanen,” tuturnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →