Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Pemkab Dorong Warga Jepara Kembangkan Industri Olahan Ikan



Reporter:    /  @ 20:46:34  /  13 Februari 2016

    Print       Email
Salah satu produk hasil budidaya perikanan di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Salah satu produk hasil budidaya perikanan di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Sebagai wilayah yang kaya akan ikan, kelemahan Jepara adalah kebisaan nelayan yang langsung menjual hasil tangkap dan budi daya tanpa diolah terlebih dahulu sehingga kurang memiliki nilai tambah.

“Dengan kondisi ini, kami berusaha untuk meningkatkan minat masyarakat untuk menumbuhkan industri perikanan yang ada di Jepara, karena dibanding dengan kabupaten lain, Jepara masih rendah dalam sektor industri perikanan,” ujar Bupati Jepara Ahmad Marzuqi kepada MuriaNewsCom.

Marzuqi menjelaskan, untuk mengatasi masalah ini, Pemkab Jepara akan mengeluarkan kebijakan melalui optimalisasi lahan tambak untuk perikanan darat, dan revitalisasi alat tangkap untuk pemberdayaan nelayan, serta pengolahan ikan pascapanen.

Diharapkan dengan kebijakan itu dapat membantu terwujudnya pemanfaatan sumber daya laut dan tetap menjaga kelestarian lingkungan seiring dengan meningkatnya kualitas SDM nelayan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jepara Achid Setiawan mengatakan masalah ini juga tak lepas dari tidak ada bidang pada dinasnya yang menangani langsung masalah ini.

Dinas Kelautan dan Perikanan tahun ini akan menambah bidang baru, yaitu bidang pengolahan dan pemasyarakatan perikanan. Bidang ini dapat digunakan untuk mengetahui minat dan keinginan masyarakat dalam usaha pengelolaan hasil perikanan.

Selain itu, juga bertugas menampung investor yang ingin mendirikan industri di bidang pengelolaan perikanan. Dengan kebijakan ini diharapkan nilai jual hasil tangkapan atau budidaya bisa meningkat.

Editor : Akrom Hazami

 

Baca juga :

Produk Olahan Ikan di Jepara Sangat Rendah

Musim Hujan, Pegadaian di Jepara Ramai Warga Gadaikan Perhiasan

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →