Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Musim Hujan, Pegadaian di Jepara Ramai Warga Gadaikan Perhiasan



Reporter:    /  @ 16:50:32  /  13 Februari 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Jepara – Kepala Pegadaian (Persero) Cabang Jepara, Agus Purwadi mengaku di musim hujan ini ada peningkatan jumlah masyarakat yang menggadaikan barangnya. Menurutnya, peningkatan tersebut terjadi pada Desember 2015 hingga Januari 2016.

Menurut dia, wilayah yang peningkatannya cukup signifikan jelang dan saat musim hujan yakni Kecamatan Bangsri dan Mlonggo. Ketika diangkakan, diperkirakan kenaikannya mencapai 15-20 persen untuk kedua wilayah itu.

Baca juga : Musim Baratan, Nelayan Jepara Gadaikan Barang Mereka untuk Penuhi Kebutuhan Sehari-hari

”Sedangkan di Jepara Kota, kenaikan menjelang musim baratan dan sampai saat ini mencapai sekitar 5 persen,” terang Agus kepada MuriaNewsCom, Sabtu (13/2/2016). Lebih lanjut dia mengatakan, tiap hari nilai transaksi mencapai Rp 150-200 juta/hari.

Kenaikan signifikan sebenarnya terjadi saat awal Ramadan hingga pertengahan. Nasabah saat itu didominasi kalangan UMKM. Sebab saat itu kalangan UMKM membutuhkan modal banyak untuk memenuhi permintaan pembeli.

”Kalau nasabah dari kalangan nelayan di Jepara sebesar 10 persen dari keseluruhan Jumlah nasabah. Hanya saja, tidak dapat merinci jumlah riil nasabah dari kalangan nelayan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, baik dari nelayan maupun masyarakat pada umumnya, barang yang digadaikan mayoritas memang perhiasan emas. Selain itu, barang yang digadaikan berupa mobil dan sepeda motor.

Editor : Titis Ayu Winarni

 

Baca juga:

Musim Baratan Mundur Disebut Untungkan Nelayan

11 Ribu Nelayan Jepara Minta Beras Antisipasi Baratan

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →