Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Warga Gembong Pati Kembangkan Budidaya Vanili



Reporter:    /  @ 15:19:20  /  13 Februari 2016

    Print       Email
Karmui sedang menunjukkan buah vanili di kebunnya yang siap panen. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Karmui sedang menunjukkan buah vanili di kebunnya yang siap panen. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Vanili yang seringkali dijumpai dalam bentuk bubuk untuk pengharum makanan, ternyata tumbuh subur di kawasan Kecamatan Gembong yang memiliki suhu lembab ketimbang daerah lainnya.

Karmui, misalnya. Warga Desa Bageng, Kecamatan Gembong ini mencoba untuk membudidayakan tanaman vanili. Ada setengah hektare lahan yang digunakan Karmui untuk mengembangkan tanaman yang masih jarang ditemui di Pati tersebut.

”Awalnya, saya coba untuk menanam vanili di Gembong. Ternyata, tanah dan suhunya cocok. Kebetulan sekali, akhirnya saya kembangkan di kebun saya. Hidupnya menjalar di pohon jeruk pemelo,” kata Karmui kepada MuriaNewsCom, Sabtu (13/2/2016).

Karmui sendiri sudah lebih dari tiga tahun mengembangkan budidaya tanaman vanili yang ternyata bisa hidup subur di daerahnya. Buahnya berwarna hijau seperti daunnya dengan bentuk bulat memanjang.

”Ini sebagai tanaman sela supaya lahan saya tidak cuma pohon jeruk pamelo saja. Untuk panen, saya harus menunggu waktu hingga satu tahun,” tambahnya.

Sampai saat ini, tanaman vanili milik Karmui sudah berbuah lebat untuk siap dipanen. Namun, ia masih menunggu waktu yang tepat supaya buah vanili hasil budidayanya itu benar-benar siap panen.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →