Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Banjir Rendam Puluhan Hektare Sawah di Kaliwungu Kudus



Reporter:    /  @ 19:42:42  /  12 Februari 2016

    Print       Email
Warga tampak berada di salah satu sawah di Kecamatan Kaliwungu Kudus yang terendam banjir. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Warga tampak berada di salah satu sawah di Kecamatan Kaliwungu Kudus yang terendam banjir. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Kaliwungu, Kudus, Argo Sunanto mengatakan puluhan sawah warga Kecamatan Kaliwungu terendam air, pada Jumat (12/2/2016).

“Sawah itu terletak di tiga desa. Selain itu, dari kriteria usia tanaman hingga ketinggain air juga berbeda beda,” katanya, saat ditemui di Kantor Kecamatan Kaliwungu, Jumat (12/2/2016).

Dari pantauan MuriaNewsCom, memang rata rata sawah warga yang berada di Selatan Jalan Lingkar Kudus-Jepara ini terendam air luapan dari sungai Wulan.

Untuk ketiga desa itu yakni Desa Garung Kidul sebanyak 7 hektare dari usia padinya mulai dari 15 hingga 20 hari, serta ketinggian airnya 50 hingga 70 cm. Yang kedua Setro Kalangan yakni seluas 20 hektare usia padi mulai dari 7 hingga 40 hari dan tinggia air 70 hingga 100 cm. Sedangkan yang terakhir yakni Desa Banget seluas 70 hektare usia padi mulai dari 40 hingga 78 hari serta ketinggian air 1 hingga 2 meter.

Dia menambahkan, luas lahan sawah dan ketinggian air di saat kebanjiran itu bisa bertambah atau berkurang. Namun itu juga tergantung dari kiriman debit air. Bila wilayah selatan hujannya reda maka lahan sawah itu bisa dipanen.

Namun bila masih hujan, maka secara otomatis lahan sawah ini masih terandam dan tidak bisa dipanen. Khususnya bagi Desa Benget. Sebab desa itu usia padinya 40 hingga 78 hari.

Editor : Akrom Hazami

 

Baca juga :

Debit Air Sungai di Tanggulangin Kudus Tetap Wajib Diwaspadai

Dikepung Banjir, Warga Karangturi Kaliwungu Kudus Pasrah

Satu Dukuh di Kaliwungu Kudus Dikepung Banjir, Lumpuhkan Aktivitas Ribuan Warga 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →