Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Warga Jepara, Ini Trik Pemkab saat Bencana Datang



Reporter:    /  @ 18:00:54  /  12 Februari 2016

    Print       Email
Warga membersihkan sungai di Jepara, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Warga membersihkan sungai di Jepara, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Semenjak curah hujan mulai meninggi dan debit air di sungai-sungai besar juga meningkat, sejumlah wilayah di Kabupaten Jepara terancam banjir. Terutama yang berada di kawasan berpotensi banjir. Meski begitu, warga diimbau tidak panik. Sebab, Pemkab Jepara melalui instansi terkait telah menyiapkan skema penanganan banjir.

Hal itu sebagaimana yang dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik Jepara Pujo Prasetyo. Menurut dia, pihaknya bersama instansi terkait telah menyiapkan skema dan skenario penanganan kebencanaan termasuk untuk bencana banjir.
“Saat ini memang aliran sungai banyak yang meluap. Tetapi untuk saat ini situasi kami pastikan aman. Belum ada sungai yang meluap hingga ke permukiman warga,” ujar Pujo kepada MuriaNewsCom, Jumat (12/2/2016).

Menurut Pujo, skema penanganan dimulai dari pembagian tugas anggota untuk melakukan pemantauan, hingga pola komunikasi yang ditata. Sehingga harapannya ketika ada masalah atau bencana dapat segera ditindaklanjuti. Misalnya jika terjadi tanggul jebol maka petugas dapat segera datang ke lokasi dan melakukan perbaikan.

Lebih lanjut dia mengemukakan, sampai saat ini yang dikhawatirkan adalah sungai yang menjadi jalur Bendung Klambu, yakni sungai Wulan dan sungai yang menjadi bagian dari SWD II. Sebab, mengaca tahun-tahun sebelumnya sungai tersebut cukup berpotensi meluap.

“Saat ini debit air sungai Wulan memang meninggi. Tapi masih cukup aman karena tidak sampai ke atas tanggul. Selain itu, sungai-sungai jalur SWD II seperti di Bongpes juga masih aman. Air belum sampai peres dengan tanggul,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →