Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Begini Cara Daftar Jadi Bupati Pati Pilkada 2017



Reporter:    /  @ 16:00:02  /  12 Februari 2016

    Print       Email
Bursa Pilkada Pati 2017 mulai ramai, Bupati Pati Haryanto sudah mendaftarkan diri pada penjaringan balon di Kantor DPC PDI Pati beberapa hari yang lalu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Bursa Pilkada Pati 2017 mulai ramai, Bupati Pati Haryanto sudah mendaftarkan diri pada penjaringan balon di Kantor DPC PDI Pati beberapa hari yang lalu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Siapa saja berhak mendaftarkan diri sebagai calon Bupati Pati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 mendatang, selama ia berusia di atas 17 tahun.

Ketua KPU Pati Moch Nasich mengatakan, ada dua cara untuk mendaftarkan diri sebagai calon bupati. Pertama, pendaftaran melalui partai politik.

Baca juga: Pilkada Pati 2017 Diperkirakan Dilakukan Pertengahan Februari

Kedua, seseorang bisa mendaftarkan diri secara independen tanpa melalui partai politik. Syaratnya, bakal calon bupati bisa mengumpulkan pendukung sebanyak 6,5 persen dari total jumlah pemilih sebelumnya.

”Dulu, aturannya 6,5 persen dari jumlah penduduk. Tapi, sekarang 6,5 persen dari jumlah pemilih pada pesta demokrasi sebelumnya, yaitu Pilpres,” tuturnya.

Dengan begitu, balon bupati yang ingin mendaftarkan diri dengan jalur independen di Pati mesti mengumpulkan massa sekitar 67 ribu orang.

”Kalau sudah diverifikasi dan punya dukungan 6,5 persen dari jumlah pemilih baru bisa daftar di KPU. Nanti, dia juga harus mengisi formulir memenuhi syarat atau tidak. Setelah itu, baru ditetapkan jadi pasangan calon,” imbuhnya.

Sementara itu, partai politik mesti punya jumlah kursi 20 persen di DPRD. Kalau tidak memenuhi, parpol mesti berkoalisi dengan parpol lain hingga memenuhi kursi 20 persen.

Editor : Titis Ayu Winarni

Baca juga : Budiyono Enggan “Berduet” dengan Haryanto pada Pilkada Pati 2017 

Semakin Panas! Giliran Haryanto Merapat ke PDIP untuk Maju di Pilkada Pati 2017 

KPU Pastikan Juknis Pilkada Pati 2017 Selesai Awal Maret 2016

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →