Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Banjir Ancam Sungai Lusi Purwodadi, Pemkab : Saatnya Normalisasi



Reporter:    /  @ 14:59:36  /  12 Februari 2016

    Print       Email
Warga melihat sungai Lusi di Purwodadi, Kabupaten Grobogan, yang mengalami pendangkalan dan mengakibatkan banjir. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Warga melihat sungai Lusi di Purwodadi, Kabupaten Grobogan, yang mengalami pendangkalan dan mengakibatkan banjir. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Guna meminimalkan musibah banjir, Pemkab Grobogan diminta melakukan upaya yang lebih serius. Salah satunya adalah melakukan normalisasi sungai yang melintas di wilayah tersebut. Khususnya, Sungai Lusi yang menjadi ancaman banjir buat warga Kota Purwodadi.

“Ketika musim kemarau lalu, saya melihat kondisi sungai Lusi ini terlihat ada pendangkalan cukup parah. Untuk itu, upaya normalisasi sudah mendesak dilakukan guna mencegah terjadinya banjir,” kata Fahmi, warga Kelurahan Purwodadi yang tinggal tidak jauh dari tanggul sungai tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan Agus Sulaksono ketika dimintai tanggapannya menyatakan sependapat dengan masukan warga tersebut.

Dia menilai cepat naiknya elevasi sungai Lusi dalam beberapa hari terakhir bisa jadi bukan disebabkan banyaknya curah hujan semata.

Tetapi, faktor berkurangnya daya tampung sungai dirasa juga jadi salah satu penyebabnya. Hal ini bisa disebabkan adanya pendangkalan sungai di beberapa titik.

“Upaya normalisasi sungai ini memang bisa meminimalkan terjadinya bencana banjir. Sebab, kalau dinormalisasi maka daya tampung sungai bisa makin banyak,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengairan Grobogan Subiyono ketika diminta tanggapannya menyatakan, meski setuju dengan pendapat warga namun upaya normalisasi sungai Lusi bukan menjadi kewenangannya. Tetapi menjadi kewenangan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana.

“Sungai besar yang melintas antar kabupaten menjadi kewenangan BBWS. Kalau sungai kecil yang melintas di Grobogan saja bisa kita tangani langsung. Beberapa sungai ini sebagian sudah kita normalisasi,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga : Elevasi Sungai Lusi Mendekati Titik Maksimal, Kota Purwodadi Siaga Banjir

Kantor Bupati Grobogan Banjir dan Jalur Purwodadi-Pati Terputus

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →