Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Jelang Hari Jadi, Koleksi Pusaka Kabupaten Grobogan Dibersihkan



Reporter:    /  @ 14:11:18  /  12 Februari 2016

    Print       Email
Sejumlah petugas sedang membersihkan koleksi pusaka yang tersimpan dalam museum purbakala. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Sejumlah petugas sedang membersihkan koleksi pusaka yang tersimpan dalam museum purbakala. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Puluhan benda yang menjadi koleksi Museum Purbakala Grobogan pagi tadi, Jumat (12/2/2016) dibersihkan. Termasuk juga koleksi benda pusaka yang juga disimpan di sana.

Sekitar 10 orang bertugas membersihkan benda-benda bersejarah yang ditemukan di berbagai wilayah kecamatan tersebut. ”Khusus untuk benda-benda pusaka, di antaranya keris, tombak, gamelan dibersihkan oleh tenaga yang sudah ahli di bidangnya. Kegiatan ini rutin kita lakukan dalam rangkaian peringatan hari jadi Grobogan tanggal 4 Maret nanti,” ungkap Kabid Pariwisata Disporabudpar Grobogan Marwoto.

Baca juga : Ini yang Ingin Dibuktikan Terkait Pengumpulan Benda Purbakala yang Ditemukan di Banjarejo

Meski Hanya Gambar, Benda Purbakala yang Ditemukan di Banjarejo Grobogan Terus Dikumpulkan

Dijelaskan, acara bersih-bersih tersebut biasanya dilakukan minimal setahun sekali. Hal itu diperlukan agar benda-benda bersejarah itu tidak rusak, bisa tahan lama, dan lebih bersih sehingga cukup nyaman dilihat orang.

Dari data yang dimiliki, di dalam museum tersebut terdapat 83 macam benda peninggalan masa lalu dan terdiri dari beberapa jenis. Antara lain, seperangkat gamelan, keris dan tombak, arca, yoni, piring, lesung, lingga, meriam, luku, garu, mangkok, dan piring kuno. Kebanyakan, benda tersebut sudah berusia ratusan sampai ribuan tahun.

Selain membersihkan koleksi museum, pihaknya juga menata kebersihan di lingkungan museum. Hal itu sebagai dilakukan agar kondisi museum terlihat lebih menarik sehingga mengundang minat orang untuk berkunjung.

”Selama ini, memang museum ini sering tutup karena terbatasnya petugas jaga. Nantinya, museum ini lebih sering kita buka meski belum bisa tiap hari,” jelasnya.

Editor : Titis Ayu Winarni

Cara Penyimpanan Benda Purbakala di Gabus Grobogan Mengagumkan

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →