Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Ini Buntut Kios Plasa Kudus Disegel, Pemkab Digugat Miliaran Rupiah



Reporter:    /  @ 21:22:49  /  11 Februari 2016

    Print       Email
Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Kudus Suhastutik (kiri) saat menjelaskan proses gugatan yang dilayangkan pedagang Plasa Kudus kepada pemkab. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Kudus Suhastutik (kiri) saat menjelaskan proses gugatan yang dilayangkan pedagang Plasa Kudus kepada pemkab. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Upaya hukum akhirnya terjadi akibat dari penyegelan kios di Plasa Kudus. Kamis (11/2/2016), sidang gugatan pedagang di kompleks Plasa Kudus, berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Kudus.

Pantauan MuriaNewsCom, ada tiga pihak yang digugat atau menjadi tergugat dalam kasus tersebut. Menurut pengacara pedagang, Sigit Wahyudi, ada tiga pihak yang digugat pedagang. ”Yaitu Bupati Kudus, PT Pratama Erat Jaya, dan Hengki Gunawan Prasetyo. Nilai gugatan sendiri adalah Rp 3,4 miliar,” kata Sigit.

Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Kudus Suhastutik mengatakan, dalam tuntutan penggugat, memang ada nilai gugatan yang dilayangkan kepada tiga pihak atau tergugat.

Nilai gugatan itu adalah Rp 3,46 miliar, ditambah dengan bunga dua persen setiap bulan, terhitung saat pendaftaran hingga pembayaran lunas. ”Jumlah tersebut merupakan jumlah keseluruhan untuk tiga tergugat. Dalam hal ini PT Pratama Erat Jaya, Hengki Gunawan Prasetyo, dan Bupati Kudus,” terangnya.

Menurutnya, selain hukuman Rp 3,4 miliar itu, penggugat juga meminta agar tergugat membayar Rp 500 ribu tiap hari, selama terlambat memenuhi isi putusan itu nantinya.

Selain itu, tergugat juga dihukum untuk mengembalikan sertifikat para pedagang seperti sediakala. Yakni sertifikat hak atas satuan rumah susun atau hak atas tanah beserta HGB.

”Selain tiga tergugat, sebenarnya masih ada satu lagi yang digugat penggugat dalam hal ini pedagang. Yakni dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) cq kepala kantor,” katanya.

Sementara itu, Humas PN Kudus Muh Nur Azizi menambahkan, persidangan tersebut merupakan persidangan kali pertama yang dilakukan untuk kasus ini. Yakni dengan agenda pembacaan tuntutan penggugat.

”Ada 15 pedagang yang melakukan gugatan. Sebelumnya sudah ada upaya mediasi, namun gagal. Makanya dilakukan persidangan yang berlangsung hari ini,” ujarnya.
Persidangan berikutnya, akan diselenggarakan pada Kamis pekan depan. Dalam persidangan nanti, agendanya adalah mendengarkan jawaban Pemkab Kudus atas gugatan tersebut.

Editor: Akrom Hazami

 

Baca juga :

Marah, Penyegelan Kios Kudus Plasa Akan Dibawa ke Ranah Hukum

Pedagang Ini Pilih Melawan Daripada Kiosnya Disegel di Kudus Plasa 

15 Kios Kudus Plasa Disegel Paksa 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →