Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Petani Pati Disenjatai Ini untuk Atasi Hama Blast



Reporter:    /  @ 13:30:21  /  11 Februari 2016

    Print       Email
Sejumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Sri Ayom menyemprot hama blast secara serentak. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Sri Ayom menyemprot hama blast secara serentak. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Sejumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Sri Ayom, Dukuh Randu, Desa Kutoharjo, Pati diberi stimulan pestisida dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Pati untuk mengatasi hama blast yang mulai menyerang tanaman padi pada masa tanam pertama.

Pengamat Hama Penyakit pada Balai Penyuluhan Kecamatan Pati Tri Agus Susanto mengatakan, bantuan stimulan itu dibagikan kepada petani sebagai upaya untuk menanggulangi hama blast yang mulai mengancam sekitar 40 hektare tanaman padi.

“Petani diberi stimulan untuk melakukan pencegahan untuk menekan populasi hama blast yang kian merambah dari satu sawah ke sawah lainnya. Mereka diminta untuk menyemprot pestisida stimulan itu secara serentak,” ujar Agus kepada MuriaNewsCom, Kamis (11/2/2016).

Dengan gerakan penyemprotan serentak, hama itu akan hilang secara tuntas. Lagipula, hama penggerek tanaman padi juga mulai menyerang sejak masa tanam pertama sekitar dua pekan lalu.

“Kalau penyemprotan dilakukan secara individu, hama itu akan pindah ke areal sawah tetangga. Karena itu, penyemprotan secara serentak diperlukan supaya hama benar-benar hilang secara tuntas, bukan berpindah tempat,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

 

Baca juga : 40 Hektare Sawah di Dukuh Randu Pati Terancam Hama Blast

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →