Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

40 Hektare Sawah di Dukuh Randu Pati Terancam Hama Blast



Reporter:    /  @ 12:53:47  /  11 Februari 2016

    Print       Email
Sukarman menunjukkan padi di Dukuh Randu, Kutoharjo, Pati yang mulai diserang hama blast. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sukarman menunjukkan padi di Dukuh Randu, Kutoharjo, Pati yang mulai diserang hama blast. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Sedikitnya ada 40 hektare sawah di Dukuh Randu, Desa Kutoharjo, Kecamatan Pati terancam hama blast. Dalam dua pekan terakhir, sudah ada 20 hektare yang mulai terkena dampak hama yang disebabkan jamur ini.

Baca juga : 376 ha Tanaman Padi di Kecamatan Winong Terserang Blast 

Hal itu diamini Ketua Kelompok Tani Sri Ayom Dukuh Randu Sukarman. Ia mengatakan, hama blast disebabkan dua faktor, yaitu peralihan musim dan kesalahan petani yang menggunakan pupuk urea berlebihan.

”Pertama, hama blast disebabkan kondisi cuaca yang awalnya kering menjadi lembab karena musim hujan. Hal itu memicu munculnya jamur cendawan. Hama itu menyerang semua bagian tanaman, mulai dari batang hingga daun yang perlahan memutih kemudian mengering dan mati,” ujar Sukarman kepada MuriaNewsCom, Kamis (11/2/2016).

Kedua, lanjutnya, hama blast disebabkan pemberian pupuk urea yang berlebih. Akibatnya, cendawan tumbuh subur pada tanaman padi yang menyebabkan matinya tanaman.

”Musim hujan menyebabkan lingkungan terlalu lembab dan kadar urea yang diberikan terlalu tinggi menyebabkan hama blast tumbuh subur,” pungkasnya.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →