Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Fantastis, Rp 100 Triliun Disiapkan untuk Kredit Usaha Rakyat dan Petani Grobogan



Reporter:    /  @ 12:15:32  /  11 Februari 2016

    Print       Email
Panen raya jagung di kawasan hutan KPH Purwodadi di Desa Penganten, Kecamatan Klambu, Kamis (11/2/2016).

Panen raya jagung di kawasan hutan KPH Purwodadi di Desa Penganten, Kecamatan Klambu, Kamis (11/2/2016).

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Guna memudahkan masyarakat dalam mendapatkan modal usaha, pemerintah pada tahun 2016 ini sudah menyiapkan dana sebesar Rp 100 triliun. Dana sebanyak ini dialokasikan untuk kredit usaha rakyat (KUR) termasuk di dalamnya adalah kalangan petani.

Hal itu disampaikan Menteri BUMN Rini Soemarno saat melangsungkan panen raya jagung di kawasan hutan KPH Purwodadi di Desa Penganten, Kecamatan Klambu, Kamis (11/2/2016).

Baca juga : Siang Ini, Menteri BUMN Bakal Panen Jagung di Kawasan Hutan

”Para petani silahkan manfaatkan dana tersebut untuk modal tanam. Bunga KUR ini cukup ringan, yakni 9 persen per tahun,” ungkap Rini.

Dia menyatakan, selama ini masih banyak petani yang merasa kesulitan mendapatkan modal usaha. Akibatnya, mereka terjerat pada pengijon yang pada kenyataannya cukup merugikan petani.

Selain soal modal usaha buat petani, Rini juga sempat menyinggung masalah harga jagung. Untuk menstabilkan harga jagung sudah diserahkan pada pihak Bulog. Dimana, BUMN yang mengurusi masalah pangan ini diharuskan bisa mempertahankan harga jagung pada level Rp 3.200 per kilo.

”Soal harga jagung ini jadi tanggung jawab Bulog. Kalau harganya nanti di bawah angka Rp 3.200 maka para petani silahkan datang saja ke Bulog,” imbuhnya.

Acara panen raya jagung itu berlangsung cukup singkat. Sekitar satu jam, Rini Soemarno dan rombongan berada di lokasi tersebut. Ikut mendampingi Rini, Direktur Utama Perum Perhutani Mustoha Iskandar dan deputi sejumlah BUMN.

Bupati Grobogan Bambang Pudjiono bersama kepala dinas terkait ikut hadir dalam kesempatan itu. Demikian pula para pimpinan FKPD Grobogan juga terlihat dalam kesempatan tersebut.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →