Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Daftar Haji Sekarang, 20 Tahun Lagi Baru Berangkat



Reporter:    /  @ 12:12:37  /  11 Februari 2016

    Print       Email
Calon jamaah haji melakukan manasik haji 2015 lalu. Jika mendaftar haj tahun ini, maka akan berangkat 20 tahun mendatang. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Calon jamaah haji melakukan manasik haji 2015 lalu. Jika mendaftar haj tahun ini, maka akan berangkat 20 tahun mendatang. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Banyaknya calon jamaah haji yang menunggu pemberangkatan, membuat lama pula masyarakat yang mendaftar untuk berangkat. Seperti halnya sekarang di 2016, jika mendaftar haji sekarang maka masyarakat baru dapat terbang ke tanah suci 20 tahun mendatang.

Baca juga : Daftar Tunggu Haji Kudus Capai 19 Ribu Orang

Pernyataan itu diungkapkan Kepala Kemenag Kudus Hambali. Menurutnya, waiting list atau daftar tunggu setiap tahun dipastikan bertambah. Seperti sekarang, daftar tunggu sampai dengan 20 tahun.

”Kalau di 2016 memang 20 tahun mendatang baru bisa berangkat. Jadi kalau sekarang daftar, 2036 baru bisa berangkat haji. Jadi sebaiknya lebih cepat daftar supaya tidak semakin lama menunggu pemberangkatan,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Mengenai tren yang semakin lama menunggu tiap tahun, dimungkinkan akan terjadi pula pada tahun depan. Hal itu berkaitan dengan jumlah pemberangkatan yang relatif dikurangi, namun pendaftar haji semakin banyak.

Hal itu terlihat dari pendaftar haji yang banyak. Dengan rata-rata tiap tahun ada 900 hingga ribuan pendaftar calon jamaah haji. Bahkan jumlahnya bisa semakin bertambah.

”Dengan ribuan pendaftar, maka semakin lama berangkat hajinya. Sebab tiap tahun pemberangkatan juga dapat dikurangi atau ditambah. Seperti tahun ini yang 898 pemberangkatan, 2017 ada 988 orang, dan pada 2018 terdapat 1039 orang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kondisi tersebut bukan hanya terjadi di Kudus. Melainkan juga terjadi di daerah lain karena ini merupakan nasional.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →