Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Bermodal Tongkat Bambu PBP Undaan Bersihkan Sampah Waduk Lawang Songo



Reporter:    /  @ 10:09:11  /  11 Februari 2016

    Print       Email
Camat Undaan Catur widiyatno dan Kapolsek Akp Suparji ikut serta membersihkan tumpukan sampah di Waduk Lawang Songo. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Camat Undaan Catur widiyatno dan Kapolsek Akp Suparji ikut serta membersihkan tumpukan sampah di Waduk Lawang Songo. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Saat ini kondisi debit air Sungai Wulan berada di 800 meter kubik per detik. Melihat kondisi tersebut, Penanggulangan Bencana dan Pengungsian (PBP) Undaan menggelar bersih sampah di Waduk Lawang Songo, Desa Kalirejo, Undaan, Kamis (11/2/2016).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh camat Undaan Catur Widiyatno tersebut menerjunkan dari beberapa kalangan. ”Dalam kegiatan ini kami menerjunkan Linmas (perlindungan masyarakat) inti sejumlah 31 personel, masyarakat setempat, dan pemdes setempat. Selain itu, kami juga dibantu pihak polsek dan Koramil 03/Undaan serta petugas pengairan setempat,” katanya.

Dia menilai, debit air yang berada di 800 meter kubik per detik ini harus diwaspadai agar tidak terjadi banjir. Sehingga kegiatan bersih sampah sebagai salah satu upayanya. Hanya saja pihaknya tidak bisa memastikan berapa ton sampah yang menumpuk tersebut.

Dengan alat seadanya, tumpukan sampah yang menggunung di depan pintu air Waduk Lawang Songo ini dikhawatirkan dapat membuat tekanan aliran arus Sungai Wulan lebih kencang.

”Kebersihan ini kita memakai alat sederhana. Seperti halnya bambu, tongkat atau galah. Selain itu, untuk mengangkut sampah ini kita sudah menyiapkan satu unit truk dari Dinas Cipkataru Kudus,” paparnya.

Dia menambahkan, jika sampah kiriman dari daerah lain ini bisa dibersihkan, maka dapat mengurangi tekanan arus bawah Sungai Wulan. Sehinga air pun bisa mengalir dengan baik.

Baca juga : Elevasi Sungai Lusi Mendekati Titik Maksimal, Kota Purwodadi Siaga

Antisipasi Limpahan Air Bendung Klambu ke Sungai Wulan, BPBD Jepara Koordinasi dengan Daerah Lain

Editor : Titis Ayu Winarni

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →