Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Daftar Tunggu Haji Kudus Capai 19 Ribu Orang



Reporter:    /  @ 16:37:04  /  10 Februari 2016

    Print       Email

haji_01

 

MuriaNewsCom, Kudus – Pendaftar calon haji untuk wilayah Kabupaten Pati terbilang masih cukup tinggi. Hingga saat ini saja, untuk calon haji asal Kabupaten Pati yang masuk dalam daftar tunggu mencapai 19.288 orang.Dengan jumlah itu, maka pendaftar haji harus bersiap menunggu untuk waktu yang cukup lama.

“Jumlah itu merupakan jumlah yang sudah mendaftarkan, dan jumlah itu akan terus bertambah, sebab data itu per 8 November 2015,” ujar Hambali, Kepala Kemenag Kudus kepada MuriaNewsCom.

Sedangkan untuk tahun 2016 ini, katanya, calon haji yang bakal diberangkatkan sebanyak 898 orang. Jumlah itu lebih sedikit, karena adanya pengurangan jemaah sejumlah 20 persen semenjak 2013 lalu. Dengan pengurangan 20 persen, maka akan semakin molor pula waktu pemberangkatan. Namun, Kemenag memastikan pemberangkatan sesuai dengan nomor urut pendaftaran.

Di tingkat Jawa Tengah, Kota Semarang memegang jumlah tertinggi pendaftar haji. Tercatat per Nopember 2015 jumlahnya mencapai 26.509 jiwa yang sudah mendaftar.

Setelah Semarang, Demak juga banyak masyarakat yang mendaftar haji, dengan jumlah mencapai 25.181 orang, dan disusul dengan Pati dengan jumlah 21.843 orang.

“Semakin banyak masyarakat yang mendaftar haji, maka semakin lama pula pemberangkatan. Karena, kuotanya terbatas untuk per tahunnya,” ujarnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →