Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Perhatikan! Desa dan Kelurahan Diminta Bikin Data Base  Sesuai Aturan Terbaru



Reporter:    /  @ 20:57:44  /  9 Februari 2016

    Print       Email
Para sekeretaris desa/kelurahaan mendapat pengarahan dalam rangka penyusunan data base di Gedung SKB, Kelurahan Purwodadi. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Para sekeretaris desa/kelurahaan mendapat pengarahan dalam rangka penyusunan data base di Gedung SKB, Kelurahan Purwodadi. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Pihak desa dan kelurahan di Grobogan diminta untuk mengevaluasi data base yang dimiliki saat ini. Hal ini perlu dilakukan seiring adanya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor  81 Tahun 2015.

Dalam peraturan itu, ada perbedaan dalam penilaian perkembangan desa/kelurahan sesuai aturan sebelumnya, yakni Permendagri Nomor 13 Tahun 2007. Dalam aturan ini, ada delapan bidang yang menjadi poin penilaian. Sedangkan pada peraturan baru, hanya tiga bidang penilaian saja.

“Ketiga bidang itu adalah menyangkut pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan. Meski begitu, dalam tiap bidang nanti dijelaskan lebih detail pada indikator dan sub indikatornya,” ujar Kepala Bapermas Grobogan Sanyoto melalui Kepala Bidang Perkembangan Desa/Kelurahan Ahmad saat menggelar koordinasi dan evaluasi data desa/kelurahan, Selasa (9/2/2016).

Dijelaskan Ahmad, tujuan evaluasi data itu, untuk melihat tahapan dan menentukan perkembangan serta keberhasilan desa/kelurahan dalam kurun waktu Januari – Desember 2015. Melalui data itu, nantinya dapat mengetahui efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan kemasyarakatan. Selain itu, dengan data itu dapat dilihat tingkat kesejahteraan masyarakat, dan daya saing desa/kelurahan.

“Dengan adanya data itu akan memudahkan banyak hal. Misalnya, dengan melihat data itu nantinya dapat menentukan program pembangunan yang sesuai kebutuhan masyarakat setempat,” ujarnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →