Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Warga Blora Belum Banyak Tahu KTP Seumur Hidup



   /  @ 17:39:35  /  9 Februari 2016

    Print       Email

 

Ilustrasi

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Blora-Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik kini sudah berlaku seumur hidup namun kesadaran masyarakat belum menyeluruh mengetahuinnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Blora melalui Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Agus Listiyono mengatakan,terkait pemberlakuan e-KTP seumur hidup, pihaknya telah mencoba mensosialisasikan kepada warga. “Kita sudah adakan pertemuan dengan kepala desa terkait hal ini, tapi hasilnya belum maksimal,” ujarnya.

Menurutnya, dalam surat edaran Menteri Dalam Negeri, dijelaskan bahwa e-KTP yang diterbitkan sejak 2011 lalu, tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya.

”Kami sudah menerima surat edaran dari Mendagri terkait pemberlakuan e-KTP seumur hidup. Selama tidak ada perubahan yang ada dalam komponen data, misalnya perubahan alamat dan status perkawinan, tidak perlu adanya perpanjangan,” kata Agus Listiyono.

Dirinya menjelaskan, dalam surat edaran itu, Mendagri meminta para kepala daerah menugaskan unit kerja yang menyelenggarakan pelayanan publik agar mematuhi ketentuan tersebut. Unit kerja yang menyelenggarakan administrasi kependudukan diminta menyebarluaskan ketentuan itu melalui media massa, sehingga dapat diketahui masyarakat.

“Kami masih menunggu edaran dari Mendagri tentang penegasan hal tersebut, yang kita teruskan ke masyarakat Blora dan pemangku kepentingan di Blora,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →