Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Di Blora, Baru Ada 3 Pokdarwis



   /  @ 21:03:14  /  8 Februari 2016

    Print       Email
Waduk Tempuran di Desa Tempuran Blora (dok. DPPKKI Blora)

Waduk Tempuran di Desa Tempuran Blora (dok. DPPKKI Blora)

 

MuriaNewsCom,  Blora – Keberadaan kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Blora ternyata sangat manjur untuk memajukan sebuah tempat wisata. Karena, mereka mampu memelihara kawasan desa mereka dengan baik.

Slamet Pamuji, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan dan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora mengatakan, pokdarwis sengaja dibentuk di sejumlah desa yang memiliki potensi wisata. “Hal itu akan memberi pengaruh positif bagi masyarakat. Karena membuat masyarakat memiliki dan mengelola sendiri tempat wisata tersebut,” katanya.

Mumuk, sapaan akrabnya, menambahkan, sejauh ini baru ada tiga desa yang memiliki pokdarwis. Yakni Desa Klopoduwur, Tempuran dan Kelurahan Jepon. Pokdarwis juga diharapkan sebagai pendukung desa masing-masing.

Pokdarwis, lanjut Mumuk, merupakan bentuk kerja sama yang saling berkaitan antara pemkab dan desa. Untuk pemkab, diuntungkan dengan keberadaan kelompok masyarakat sebagai pengelola wisata. Sementara, untuk desa diuntungkan dengan dikarenakan ada unsur pemberdayaan masyarakat. “Pokdarwis berisi tokoh masyarakat setempat,” jelasnya.

Keberadaan pokdarwis di Blora sudah terbentuk sejak tiga tahun silam. Menurut Mumuk, sebelum ada Pokdarwis wisata di Blora sangat tertutup. “Sekarang mulai dikenal,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga : Pemkab Bakal Bentuk Pokdarwis untuk Tingkatkan Pariwisata di Blora

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →