Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Debit Air di Bendung Klambu Grobogan Naik, Jepara Siaga Banjir



Reporter:    /  @ 20:47:33  /  8 Februari 2016

    Print       Email
Kondisi air di Sungai Wulan yang berada di perbatasan Jepara-Demak (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Kondisi air di Sungai Wulan yang berada di perbatasan Jepara-Demak (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Debit air sungai di Bendung Klambu, Kabupaten Grobogan sejak Minggu (7/2/2016) malam mulai naik.  Hal itu membuat sejumlah wilayah terancam terkena limpahan air, termasuk di Kabupaten Jepara.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Lulus Suprayitno mengatakan, saat ini jajarannya tengah bersiaga untuk mengantisipasi naiknya debit air di Sungai Wulan yang melintas di perbatasan Demak, Kudus dan Jepara. Hal itu menyusul meningkatnya debit air sungai di Bendung Klambu,Kabupaten Grobogan.

“Kami mendapatkan laporan jika Sungai Lusi di Grobogan sudah penuh sehingga berpotensi meluap.” ujar Lulus Suprayitno kepada MuriaNewsCom, Senin (8/2/2016).

Menurutnya, dimungkinkan pintu air di wilayah itu akan dibuka menuju Sungai Wulan. Imbasnya, Sungai Wulan akan menerima kiriman air dengan volume besar. Beban Sungai Wulan akan bertambah, lantaran juga menerima kiriman air dari wilayah Pegunungan Muria.

“Salah satu wilayah di Jepara yang rawan dengan kondisi tersebut yakni Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari. Sebab, wilayah tersebut dilintasi Sungai Wulan. Wilayah tersebut rawan terkena banjir akibat luapan sungai,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, wilayah lainnya yang tak kalah rawan yakni Kecamatan Welahan. Sebab jika Sungai Wulan tak lagi mampu menampung kiriman air tersebut, maka sejumlah pintu air akan dibuka. Termasuk pintu air yang alirannya menuju Sungai SWD I dan II, yang muaranya menuju Kecamatan Welahan.

“Informasi hingga Senin (8/2/2016) sore tadi, debit air di Bendung Klambu maupun Sungai Lusi di Grobogan masih tinggi. Kemungkinan besar air akan dibuang menuju Sungai Wulan,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →