Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Begini Cerita Warga Pati yang Menyulap Daun Trembesi jadi Pupuk



Reporter:    /  @ 18:33:13  /  8 Februari 2016

    Print       Email
na menunjukkan daun trembesi dan pupuk cair yang diolah dari daun trembesi hasil kreasinya bersama komunitas TBO. (MuriaNewsCom/Lismanto)

na menunjukkan daun trembesi dan pupuk cair yang diolah dari daun trembesi hasil kreasinya bersama komunitas TBO. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Sri Ratnawati, warga Desa Banyuurip, Kecamatan Margorejo, Pati bersama dengan komunitas Taman Belajar Organik (TBO) berhasil membuat pupuk organik cair dan media tanam kompos dari pemanfaatan daun trembesi.

Inspirasi itu muncul pertama kali saat Ratna melihat banyaknya daun trembesi di desanya. Terlebih, hasil penelitian yang dilakukan komunitasnya menunjukkan daun trembesi mengandung zat nitrogen yang baik untuk dijadikan pupuk.

“Pohon trembesi banyak ditemukan di desa kami. Sangat melimpah. Akhirnya kita manfaatkan untuk menjadi pupuk organik yang baik untuk pertumbuhan tanaman, karena kaya akan nitrogen,” ujar Ratna saat ditemui MuriaNewsCom di kediamannya, Senin (8/2/2016).

Daun trembesi yang dihancurkan bersama bonggol pisang busuk, tetes tebu dan mikroba dicampur menjadi satu. Adonan difermentasi hingga sekitar satu bulan.

Cairan hasil fermentasi dijadikan pupuk cair organik, sedangkan ampasnya digunakan sebagai media tanam yang bagus untuk kesuburan tanaman. “Semuanya terpakai. Tidak ada yang tersisa. Cairannya dijadikan pupuk, ampasnya dijadikan kompos,” imbuhnya.

Ia mengatakan, pohon trembesi selama ini sebatas berfungsi sebagai tanaman peneduh dan penyerap karbondioksida saja. Karena itu, ia bersama anggota komunitas TBO lainnya berencana akan mengembangkan temuannya itu.

“Trembesi tak bisa dijadikan pakan ternak. Nah, ini coba kita kembangkan menjadi pupuk yang bermanfaat bagi tanaman lainnya,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Baca juga : Warga Banyuurip Pati Ciptakan Pupuk Organik dari Daun Trembesi

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →