Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Warga Banyuurip Pati Ciptakan Pupuk Organik dari Daun Trembesi



Reporter:    /  @ 12:24:00  /  8 Februari 2016

    Print       Email
Sri Ratnawati tengah mengajarkan membuat pupuk organik dari daun trembesi bersama dengan warga setempat. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sri Ratnawati tengah mengajarkan membuat pupuk organik dari daun trembesi bersama dengan warga setempat. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewCom, PATI – Sri Ratnawati, warga Desa Banyuurip, Kecamatan Margorejo, Pati berhasil menciptakan pupuk tanaman organik dari daun trembesi.

Menurut penelitan ilmiah yang pernah dilakukan, daun trembesi mengandung nitrogen yang sangat melimpah. Kandungan nitrogen itulah yang dimanfaatkan sebagai pupuk seperti pupuk urea yang lazim digunakan dalam dunia pertanian.

Baca juga : Sampah Organik Disulap jadi Kompos dan Pupuk Cair di Pati

”Tuhan menciptakan alam memang sangat melimpah yang bisa dimanfaatkan manusia. Termasuk pohon trembesi yang bukan hanya untuk menetralisir karbondioksida dan penghasil oksigen yang baik untuk kehidupan, tetapi daunnya bisa dimanfaatkan untuk pupuk karena kaya akan nitrogen,” ujar Ratna kepada MuriaNewsCom, Senin (8/2/2016).

Ia mengatakan, daun trembesi mesti ditumbuk hingga halus bersama dengan bahan-bahan lainnya seperti bonggol pisang busuk, tetes tebu, dan mikroba. Kalau semua bahan sudah dicampur, kemudian dilakukan fermentasi.

Hasil fermentasi itu digunakan sebagai pupuk alami yang baik untuk pertumbuhan segala macam tanaman, mulai dari sayur-sayuran hingga tanaman bunga.

”Selain pupuknya bersifat organik yang bagus untuk pertumbuhan dan aman dikonsumsi, bahan-bahan yang digunakan pun sangat melimpah dan bisa ditemukan di lingkungan sekitar kita,” pungkasnya.

Baca juga :

Hebat! Petani Pati Ciptakan Pupuk Cair Organik dari Sampah

Hary Tanoe Janji Berantas Mafia Pupuk dan Tengkulak Nakal di Pati

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →