Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

BPS Kudus tegaskan Sensus Ekonomi Tidak Terkait Pajak



Reporter:    /  @ 12:12:45  /  8 Februari 2016

    Print       Email

pasar

 

MuriaNewsCom, Kudus – Badan Pusat Statistik (BPS) Kudus bakal melakukan sensus ekonomi pada bulan Mei 2016 mendatang. Banyak pihak yang masih bertanya-tanya mengenai sensus ini.

Kepala BPS Kudus Endang Tri Wahyuningsih mengatakan jika sensus ini adalah untuk mengetahui sejauhmana kondisi perekonomian di Indonesia.

”Dan kami tegaskan bahwa sensus ekonomi ini tidak berkaitan dengan pajak. Sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan oleh para pelaku usaha,” ujarnya.

Endang mengatakan, pihaknya memang akan mendatangi para pelaku usaha yang ada di Kudus ini. Mereka akan bertindak sebagai responden sensus. Termasuk para pebisnis online.

Namun, Endang menegaskan bahwa data yang akan dipaparkan tidak bersifat privat atau identitas pribadi, melainkan bersifat agregat. Karena itu, pihaknya meminta supaya pelaku usaha bisa terbuka.

”Misalnya nanti kalau kami petugas mendatangi tempat usaha, mohon diterima dengan baik. Dan responden berhak menanyakan tanda pengenal petugas, dan menanyakan tentang maksud dan tujuan pendataan sensus ekonomi,” jelasnya.

Namun demikian, Endang mengharapkan supaya responden bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik dan jujur. Hal ini bertujuan agar data yang dihasilkan bisa akurat dan baik.

”Sehingga dapat digunakan sebagai perencanaan dan pengambilan kebijakan, serta perencanaan investasi usaha,” imbuhnya.

BPS sendiri sudah memiliki data pendukung, siapa saja yang nantinya akan menjadi sasaran sensus ekonomi. Sehingga nantinya petugas BPS tinggal mendatangi saja mereka.

”Karena data sudah ada, maka kami akan datangi mereka satu persatu, sebagai responden sensus ekonomi,” ujar Endang.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →