Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Meski Imlek, Kelenteng Dewa Langit Tertua di Indonesia ini Tak Bersolek



Reporter:    /  @ 10:22:50  /  8 Februari 2016

    Print       Email
Salah satu pengurus Yayasan Kelenteng Hian Thian Siang Tee Jepara menata kelambu di pintu masuk tempat persembayangan. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Salah satu pengurus Yayasan Kelenteng Hian Thian Siang Tee Jepara menata kelambu di pintu masuk tempat persembayangan. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Tak seperti kelenteng pada umumnya ketika menjelang Imlek tengah bersibuk bersolek. Kelenteng yang berada di Kecamatan Welahan, Jepara, yakni Kelenteng Hian Thian Siang Tee (Dewa Langit) dan Kelenteng Hok Tek Ceng Sin (Dewa Bumi) tidak bersolek. Tidak ada aktivitas yang ramai di kelenteng tersebut sejak beberapa hari menjelang Imlek tahun ini.

Pengurusan Yayasan Klenteng Hian Thian Siang Tee, Suwoto mengatakan, kelenteng ini memang tidak melakukan persiapan yang besar dalam menyambut Imlek. Justru, perayaan besar di kElenteng ini adalah ketika ulang tahun Hian Thian Sang Tee.

”Perayaan besar justru bukan pada Imlek, tapi ulang tahun Hian Thian Siang Tee (Dewa Langit),” ujar Suwoto kepada MuriaNewsCom.

Jelang perayaan tahun baru Imlek, di kelenteng yang berjarak 25 kilometer lebih dari pusat kota Jepara itu, menurut  Suwoto, hanya dilakukan persiapan yang tak terlalu banyak. Itu untuk menyambut tamu yang bersembayang.

”Dari tahun ke tahun memang demikian. Saat imlek, hanya ada tamu yang sembayang biasa. Meski demikian, beberapa tamu dari sejumlah daerah memang menyumbang lilin besar untuk menghias kelenteng,” kata Suwoto.

Dia juga menjelaskan, Kelenteng Hian Thian Siang Tee sebenarnya bukan kelenteng tertua di Indonesia. Tapi merupakan Kelenteng Dewa Langit yang tertua. Sebab di kelenteng terdapat patung Hian Thian Siang Tee dibawa ke Welahan sekitar tahun 1550 masehi dari Tiongkok. Di tahun yang hampir bersamaan, kelenteng tersebut juga berdiri. Tarmasuk juga Kelenteng Dewa Bumi. Selain patung Hian Thian Siang Tee, di dalam kelenteng juga tersimpan pusaka lain dengan usia yang sama. Yakni sebilah pedang, buku, dan selembar kain bergambarkan Dewa Langit.

Dia menambahkan, keramaian Kelenteng Hian Thian Siang Tee akan baru nampak saat ulang tahun sang dewa yang jatuh pada tanggal 3 bulan ketiga dalam kalender China. Itu bertepatan dengan 9 April tahun ini.

Baca juga :

Jelang Imlek, Kelenteng di Rembang Adakan Agenda Khusus

Meriah, Kelenteng Se-Indonesia Ikuti Kirab di Kudus

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →