Loading...
You are here:  Home  >  Kuliner  >  Artikel ini

Sensasi Kenikmatan ‘Kelo Mrico’ Rembang Bikin Banjir Keringat



   /  @ 09:39:32  /  8 Februari 2016

    Print       Email
wisatarembang.com

wisatarembang.com

 

MuriaNewsCom, Rembang – Bagi pecinta kuliner di Rembang, tentu sangat akrab dengan sayur mrico alias kelo mrico. Apalagi bagi mereka yang memiliki selera tinggi pada makanan yang pedas, kuliner khas Rembang ini tentu bisa menjadi rujukan.

Pedasnya kuah yang berasal dari cabai dan lada atau merica, memberikan sensasi rasa yang khas. Rasa pedas yang nendang dicampur daging ikan laut yang lezat, menjadikan kelo mrico menjadi santapan favorit bagi masyarakat Rembang.

Salah satu warung yang menjadi rujukan ketika mencari menu kelo mrico di Rembang adalah Warung Makan ‘Mrico’ Bu Wadji. Warung yang sudah ada sejak 1985 mengambil nama Mrico lantaran lada alias mrico menjadi bumbu utama untuk rasa pedas pada warung ini. Selain itu, menu favorit para pembelinya adalah kelo mrico. ”Sejak dulu kelo mrico menjadi menu favorit para pembeli,” ungkap Winarti(40), putri dari Bu Wadji kepada MuriaNewsCom.

Winarti yang akrab disapa Mbak Win sekarang ini menjadi pengelola warung yang dirintis oleh ibunya. Warung makan yang berada di depan Kelenteng Makco Thiangsiang Seng Bo Tasik Agung, atau tepatnya RT 01 RW 01 Tasik Agung Kota Rembang ini, buka sejak pukul 07.00 pagi – 19.00 malam.

Namun, perlu diingat, nikmatnya menikmati kelo mrico khas Rembang ini adalah siang hari. Setelah menyantap kelezatan kuliner ini dengan penuh semangat, dijamin penikmat kelo mrico akan banjir keringat. ”Rame-ramenya jam 11.00 sampai jam 13.00 siang,” jelas Mbak Win.

Warung ini cukup murah untuk menikmati sayuran yang berasal dari berbagai bumbu ini, di antaranya; bawang merah, bawang putih, cabai, kencur, kunyit, jahe, daun jeruk, asem cempaluk, dan tentunya lada (mrico). Satu porsi sayur mrico daging dipatok dengan harga Rp 20.000, sedangkan untuk sayur mrico kepala kisaran Rp 25.000 sampai Rp 30.000.

Untuk ikan laut yang bisa dipadukan dengan sayur mrico adalah ikan manyung, sembilang, dukang, dan kakap. Namun dari empat jenis ikan laut itu, ikan manyung menjadi primadona para penggemarnya. Selain sayur mrico, ada juga berbagai olahan seafood lainnya, di antaranya cumi-cumi Rp 20.000 per porsi, rajungan mulai Rp 25.000 – Rp 30.000 per porsi, mangut Rp 20.000 per porsi, udang Rp 25.000 isi 6, kepiting mulai Rp 25.000 – Rp30.000 per porsi, dan kakap goreng Rp 15.000 per porsi.

Para pelanggan di warung ini, tidak hanya datang dari warga Rembang. Ada pula dari Yogyakarta, Semarang, Jakarta, Magelang, Purwokerto dan sejumlah daerah lainnya. Bahkan, seorang Bondan Winarno sudah pernah menyambangi warung pinggir sungai itu. Selain itu salah satu progam televisi “Santapan Nusantara” juga sudah pernah datang menyambangi warung di daerah pesisir ini.

”Kalau di sini selain enak, juga murah. Di Juwana, dengan uang Rp 30.000 tidak bisa mendapatkan daging sebanyak tadi. Kalau di Juwana, harganya Rp 60.000 untuk mendapatkan kelo mrico dengan daging sebanyak itu,” ujar seorang pembeli asal Juwana Pati, Eko Suyanto (50) ketika ditemui MuriaNewsCom di lokasi.

Baca juga :

Hasrat Kulinermu Bergelora? 7 Kuliner Rembang Nan Lezat Ini Silakan Diburu

Hmmmm, Nikmatnya Buka Puasa Makan Longtong Tuyuhan

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →