Loading...
You are here:  Home  >  Infrastruktur  >  Artikel ini

Ternyata Ini Penyebab Jalan di Badegan Pati Rusak Tertutup Lumpur



Reporter:    /  @ 15:10:37  /  6 Februari 2016

    Print       Email
eorang kakek menunjukkan jalan di Desa Badegan yang rusak seperti kubangan. (MuriaNewsCom/Lismanto)

eorang kakek menunjukkan jalan di Desa Badegan yang rusak seperti kubangan. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Jalan rusak sepanjang 500 meter yang tertutup lumpur hingga 5 cm di Desa Badegan, Kecamatan Margorejo, Pati ternyata bukan tanpa sebab. Lumpur yang menutupi jalan disebabkan tanah yang terbawa air saat hujan dengan intensitas tinggi.

Hal itu ditegaskan pengamat lingkungan Muslikun. Ia mengatakan, jalan tersebut dekat dengan lahan ketela pohon, di mana tanah tidak bisa terikat air hingga menyebabkan tanah menggelontor bersama air hujan.

“Jalan itu dibuat sekitar tiga bulan yang lalu dengan dibuatkan tanggul. Tapi, perencanaan perbaikan jalan dan saluran air itu justru membuat jalan semakin rusak, karena aliran air dan lumpur dari lahan singkong tak bisa mengalir dengan baik,” ujarnya kepada MuriaNewsCom, Sabtu (6/2/2016).

Ia mengatakan, hal sama juga pasti dirasakan jalan lain ketika berada di tengah-tengah lahan singkong. Apalagi karakter tanah merah yang ditanami singkong sangat mudah sekali terbawa air hujan.

“Gejala itu sebetulnya tidak hanya terjadi di Desa Badegan saja. Kalau jalan penghubung desa itu kanan kirinya ditanami ketela pohon, sudah dipastikan akan terkena dampak lumpur,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Baca juga : Baru 3 Bulan Diperbaiki, Jalan di Desa Badegan Margorejo Sudah Rusak Parah

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →