Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Kajari Kudus: Pemkab Harus Fasilitasi Warga Gafatar yang Ingin Kembali



Reporter:    /  @ 19:00:13  /  5 Februari 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Kudus – Pengawasan terhadap warga eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) rupanya masih terus dilakukan instansi atau lembaga terkait. Termasuk oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kudus.

Kepala Kejari Kudus Hasran mengatakan, pihaknya tetap melakukan pengawasan kepada mereka dengan baik. ”Sesuai dengan rapat koordinasi, kita harus bekerjasama untuk melakukan pengawasan kepada mereka. Termasuk bekerjasama dengan intelejen daerah,” katanya, Jumat (5/2/2016).

Menurut Hasran, eks anggota Gafatar tersebut memang perlu diarahkan, untuk bisa kembali ke jalan yang benar. ”Nah, tugas kita adalah bagaimana bisa membina, menuntun mereka, supaya bisa kembali seperti sebelumnya,” jelasnya.

Pemantauan itu sendiri memang harus dilakukan. Menurut Hasran, karena mereka membutuhkannya, supaya bisa benar-benar kembali. ”Bagaimana pemerintah kabupaten juga bisa memberikan mereka arahan, supaya mereka bisa kembali ke jalan yang benar,” tuturnya.

Mengenai adanya fatwa bahwa Gafatar adalah aliran sesat dan menyesatkan seusai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), menurut Hasran, hal itu harus terlebih dahulu benar-benar dibuktikan.

”Kalau misalnya memang demikian adanya, maka juga akan bisa diproses secara hukum. Namun kan, harus dibuktikan terlebih dahulu,” katanya.

Yang saat ini harus dilakukan pemkab, menurut Hasran, adalah bagaimana membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. Terutama bidang perekonomian dan sosial mereka.

”Misalnya mereka saat ini tidak punya rumah, harus dibantu dengan program yang ada. Supaya mereka juga bisa kembali punya tempat tinggal. Atau memberikan peluang supaya mereka bisa mendapatkan kembali kehidupan perekonomian mereka,” imbuhnya.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →